Yu-Gi-Oh! Competition, Kompetisi Unik Berhadiah Unik

Bagi penggemar anime produksi Jepang pasti sudah tidak asing dengan Yu-Gi-Oh! atau segala macam permainannya. Tapi bagi orang awam mungkin masih bingung dengan nama Yu-Gi-Oh! sendiri. Yu-Gi-Oh! Official Card Game merupakan permainan kartu koleksi Jepang yang dibuat dan dipublikasikan oleh Konami. Hal ini didasarkan pada permainan fiksi, Duel Monsters yang dibuat oleh manga artist Kazuki Takahashi, yang merupakan perangkat plot utama serial mayoritasnya yang populer dalam seri manga, Yu-Gi-Oh!, dan berbagai anime adaptasi dan seri spin-off.

Jika biasanya para penggemar anime memeragakan cosplay dari tokoh yang dikagumi, lain halnya dengan para penggemar Yu-Gi-Oh! ini. Bukan kostum yang kemudian didopsi dalam kehidupan nyata, melainkan permainan kartu yang diangkat dalam anime tersebut. Bukan sembarangan permainan, Yu-Gi-Oh! bahkan bisa dijadikan sebagai ajang kompetisi dengan hadiah ratusan hingga jutaan. Seperti event Yu-Gi-Oh! Competition yang diadakan di Atrium Hartono Mall, Minggu (20/8/2016) kemarin.

Event yang diadakan oleh Solo Dualis Community ini terbilang cukup unik, namun banyak digelar oleh berbagai negara bahkan hingga kancah internasional. Hari Prasetya, selaku ketua penyelenggara mengatakan bahwa permainan ini mulai banyak digandrungi sejak perkembangan animenya di tahun 2000. Tidak hanya di Indonesia, di negara lain pun menjamur permainan ini.

Permainan Yu-Gi-Oh! adalah permainan duel yang dilakukan oleh dua orang layaknya permainan catur.  Setiap pemain memiliki 8000 nyawa. Tugas pemain adalah menghabiskan nyawa dari lawan. Caranya dengan mengggunakan dek, atau tumpukan kartu yang terdiri dari tiga tipe kartu monster,style dan trap yang memiliki efek atau kekuatan yang berbeda-beda berdasarkan besar kecilnya poin. Tiap pemain dituntut mampu menyusun dek itu sesuai strategi untuk mengalahkan lawan.

“Pemenang dalam turnamen biasanya empat sampai lima match, sekali match itu best of three. Sistemnya ada yang poin ada yang sistem gugur. Biasanya kalo turnamen gede pakenya poin,” jelas Hari. Untuk kompetisi ini diambil tiga juara dengan hadiah satu buah kartu Yu-Gi-Oh! yang bisa bernilai ratusan hingga jutaan rupiah.