Trik Cerdik Memakai Bedak Untuk Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Hampir semua wanita selalu membutuhkan bedak, terutama saat merias wajahnya. Salah satu kosmetik berbentuk butiran lembut ini dipercaya dapat membuat kulit muka menjadi semakin cerah dan bersinar setelah dipadu dengan aneka kosmetika lainnya. Meski demikian terdapat beberapa trik khusus memakai bedak untuk kulit berminyak dan mudah jerawatan.

Membersihkan Wajah

Bedak memiliki manfaat utama membuat kulit wajah jadi terlihat cerah dan bercahaya. Selain itu juga untuk menyamarkan lubang pori-pori dan blush yang berlebihan. Hanya saja, semua manfaat ini tidak akan mendatangkan hasil optimal jika wajah tidak dibersihkan lebih dahulu sebelum menggunakan bedak.
Secara urut penggunaan kosmetik itu diawali dengan pelembab, sunblock atau tabir surya dan disusul dengan foundation kemudian yang terakhir adalah bedak. Urutan tersebut tidak boleh ada yang dibali. Tetapi jika ingin praktis bisa memakai bedak saja meski hasilnya tata riasnya kurang begitu maksimal.

Bedak Tabur

Sebagai tips kedua, bedak untuk kulit berminyak dan berjerawat yang paling bagus adalah bedak berbentuk tabur dan powder. Teksturnya sangat ringan dan lembut sehingga sangat pas untuk muka berminyak. Masalah yang sering muncul, bedak ini mudah tumpah apalagi ketika dibawa berpergian.
Karena itu saat ke luar rumah, bawa pula bedak padat atau compact powder yang agar dapat digunakan sebagai touch up. Sebelum melakukan touch up, bersihkan lebih dulu bagian muka dengan kertas tissue. Tujuannya adalah untuk menghindari pemunculan komedo dan jerawat.

Tips memilih warna bedak

Saat memakai bedak untuk kulit berminyak, pilih yang warnanya sedikit lebih terang atau cerah dibanding warna kulit. Jangan memilih yang warnanya sama dengan warna kulit karena hal ini dapat mengakibatkan oksidasi atau perubahan warna yang tidak bagus.
Selain itu pilih bedak yang memiliki kandungan penyerap minyak atau talk. Setiap kemasan bedak yang mempunyai kandungan tersebut biasanya dikasih tulisan ‘noncomedogenic’ atau ‘oil absorber’.

Memakai spons bedak

Powder puff atau usapan bedak di wajah bisa menyerap keringat sekaligus membuat tampilan makin terlihat lembut dan matte. Karena itu selalu gunakan spons khusus untuk bedak. Tetapi apabila merasa lebih cocok menggunakan kuas pilih kuas yang memang dibuat secara khusus pula untuk menaburkan bedak. Untuk hasil yang lebih mantap, gunakan ukuran yang besar.

Teknik aplikasi

Teknik aplikasi atau cara menggunakan bedak untuk kulit berminyak secara benar itu tidak hanya disapukan atau diusapkan pada semua bagian wajah. Langkah terbaiknya adalah justru di area khusus yang jumlah produksi minyaknya paling banyak dan dinamakan sebagai area T. Area ini meliputi dahi dan hidung serta dagu.
Penggunaan dan pengusapan bedaknya cukup dilakukan sebanyak satu lapisan saja kemudian ditekan secara lembut. Jangan mengusap bedak lebih dari satu kali di wajah berminyak sebab bisa memunculkan penampakan yang terlalu tebal dan norak. Sedangkan untuk bagian di luar area T, cukup tipis-tipis saja atau tidak usah diusap sama sama sekali.

Tips khusus

Untuk tips terakhir, lebih bersifat perlindungan. Pertama, jangan memberi ijin pada orang lain untuk memakai kuas atau spons milik pribadi karena bisa menularkan penyakit kulit. Bahkan kedua benda tersebut harus rajin dibersihkan menggunakan air shampo kemudian dikeringkan dengan lambaran handuk.
Larangan kedua, jangan menyimpan bedak untuk kulit berminyak di satu tempat dan ruang yang lembab. Kualitas dan mutu bedak dapat berkurang dan yang parah dapat mengakibatkan penyakit kulit. Simpan bedak dan alat kosmetik lainnya di tepat kering namun berhawa sejuk. Selain untuk melindungi kesehatan kulit, juga menghindari terjadinya perubahan warna.