TRADISI UNIK TAKBIRAN DI BERBAGAI DAERAHj

TRADISI UNIK TAKBIRAN DI BERBAGAI DAERAH

Malam takbiran adalah malam berakhirnya bulan Ramadhan. Di beberapa daerah di Indonesia, malam takbiran dirayakan secara meriah dan unik yang menunjukkan betapa gembiranya umat muslim Indonesia menyambut hari raya Islam yang paling utama. Apa saja tradisi malam takbiran unik di berbagai daerah? Yuk simak ulasa berikut :

  1. Nasi Jaha di Sulawesi Utara

Masyarakat Sulawesi Utara, tepatnya di daerah Motoboi Besar, memiliki cara yang unik untuk merayakan malam takbiran. Mereka merayakannya dengan memasak nasi jaha lewat tradisi binarundak. Nasi jaha berbahan dasar beras ketan, jahe, dan santan yang dimasukkan ke dalam sebatang bambu yang dilapisi daun pisang. Bumbungan bambu berisi nasi jaha ini lalu dibakar beramai-ramai di lapangan dengan sabut kelapa. Nasi jaha ini kemudian dimakan bersama-sama sebagai perekat silaturahmi dan ungkapan rasa syukur kepada Allah.

  1. Meugang di Aceh

Warga Aceh memiliki tradisi unik untuk menyambut lebaran, yakni dengan tradisi Meugang. Tahukah kamu apa itu Meugang? Merupakan tradisi turun temurun memasak daging yang kemudian di bagikan kepada masyarkat dhuafa dan juga disantap bersama keluarga. Tradisi ini selain untuk menyambut lebaran juga untuk mempererat tali persaudaraan antar warga di Tanah Rencong.

  1. Tradisi Bakar Gunung di Bengkulu

Warga Bengkulu memiliki tradisi untuk menyambut lebaran yang disebut dengan ronjok sayak atau bakar gunung api. Tradisi ini menggunakan batok kelapa yang disusun seperti tusuk sate hingga menjulang dan diletakkan di depan setiap rumah warga. Pembakaran batok kelapa ini di lakukan secara serentak selepas shalat isya.

  1. Tumbilotohe di Gorontalo

Tumbilotohe adalah tradisi pasang lampu minyak sebagai tanda berkahirnya bulan Ramadhan. Masyarakat Gorontalo memasang lampu-lampu minyak yang dipasang di tanah lapang dengan formasi membentuk gambar masjid, kaligrafi, dan Al-Quran. Tradisi ini telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat di Gorontalo.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT