TRADISI UNIK PERAYAAN VALENTINE DI BERBAGAI NEGARA

Siapa yang tak tahu hari kasih sayang atau hari valentine, perayaan yang jatuh setiap tanggal 14 februari ini memang menjadi salah satu hari yang ditunggu bagi banyak kalangan bahkan di seluruh dunia. Tak hanya karena suasana di hari itu yang diangap penuh kasih sayang namun juga banyak orang menunggu hari tersebut untuk  merayakan moment kebersamaan dengan orang terkasih. Biasanya kebanyakan orang merayakan hari valentine identik dengan kencan romantis ataupun dinner romantis. Eitss.. tapi tidak hanya makan malam yang romantis lho, beberapa Negara di dunia ini merayakan Valentinenya dengan cara yang berbeda dan unik. Bagaimana ya kira-kira tradisinya? Simak ulasan berikut ini.

  1. VALENTINE 3 BULAN, KOREA SELATAN

Seperti namanya, valentine di korea selatan dilakukan tiga kali. Dimulai dari tanggal 14 Februari Valentine Day, di mana cewek akan memberikan kado berupa coklat atau bunga kepada pacar atau gebetannya. Kemudian sebulan kemudian, di tanggal 14 Maret disebut dengan  White Day, yaitu para pria akan  membalas apa yang telah dilakukan si wanita. Lalu di tanggal 14 April yang disebut Black Day, diperuntukan khusus untuk para pria ataupun wanita yang masih jomblo.  Perayaan Black Day biasanya dilakukan dengan cara memakai baju serba hitam sambil menyantap Jajangmyeon, mie yang bersaus hitam dan juga minum kopi hitam.

  1. 3 TRADITION, JEPANG

Hampir sama Sama seperti Korea, pada hari Valentine wanitalah yang memberikan coklat pada pria. Tapi tidak sembarangan, Coklat di Jepang pada saat Valentine ada 2 macam, yaitu giri-choko dan honmei-choko. Coklat giri-choko dikhususkan untuk selain pasangan, seperti teman, keluarga, dan rekan kerja. Kalo coklat untuk pasangan atau gebetan, namanya honmei-choko. Honmei-chokosangat spesial karena dibuat sendiri oleh si cewek. Ada juga White Day yang jatuh pada tanggal 14 Maret.  Ada juga tradisi memberikan kado berdasarkan golongan darah saat Valentine di Jepang. Karena mereka percaya golongan darah sangat berpengaruh terhadap karakter atau kepribadian seseorang.

  1. VALENTINE FOR COUPLE, SINGLE, AND KIDS, INGGRIS

Di negara ratu Elizabeth ini, Valentine dirayakan tidak hanya untuk couple atau psangan saja, tapi juga yang single dan anak-anak. Anak-anak di Inggris menganggap hari Valentine sama dengan hari Natal. Di mana mereka mengharapkan kado dari sosok yang dipercaya akan mengetuk pintu rumah sebelum meninggalkan hadiah dan permen, sosok tersebut sering disebut dengan Jack Valentine. Kemudian untuk para jomblo wanita, mereka akan menyimpan 5 helai daun salam di balik bantal pada malam sebelum Valentine. Tujuannya agar mengundang jodoh ke dalam mimpi. Dan paginya, para cewek jomblo akan bangun lebih awal pada hari Valentine. Mitosnya, cowok pertama yang mereka llihat hari itu yang akan menjadi pendamping hidupnya. Dan malamnya, mereka akan memakan telur dengan garam. Sedangkan cowok di Inggris, tradisi lamanya mereka akan memberikan sendok kayu yang diukir dengan simbol yang memiliki arti sendiri kepada wanita yang dia suka.

  1.  GAEKKEBREV, DENMARK

Perayaan Valentine di Denmark masih terbilang jadul yaitu dilakukan dengan cara para pria di Denmark akan memberikan sebuah surat pada wanita yang ia sukai. Bukan berisi surat cinta, melainkan tulisan lucu atau gombalan yang terbuat dari potongan kertas yang disebut gaekkebrev. Potongan-potongan kertas itu disusun sekreatif mungkin. Di akhir surat, pengirim gaekkebrev menuliskan nama nya dengan titik-titik. Dan tugas si penerima surat alias si cewek adalah menebak pengirim surat tersebut. Apabila tebakannya bener, mereka akan pergi datting atau mendapatkan telur di saat perayaan paskah sebagai balasannya.

  1. NIKAH MASSAL, FILIPINA

Negara yang masih satu benua dengan negara Indonesia ini terbilang sangat unik dan bikin heran dalam merayakan hari valentine. Nikah massal, ya di negara yang satu ini merayakan Valentine yang 14 Februari dengan cara yang tidak biasa. Pasangan-pasangan di Filipina akan berkumpul di sebuah tempat pada hari Valentine, dan seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka.

  1. SKOTLANDIA: FESTIVAL

Jika anda berkunjung ke Skotlandia di tanggal 14 februari, jangn lewatkan untuk merasakan keseruan perayaan hari valentine disana. Perayaan Valentine di Skotlandia biasanya dilakukan dengan sebuah festival yang dihadiri sejumlah remaja yang belum menikah, kemudian menuliskan nama mereka masing-masing di kertas kecil lalu menggulungnya. Kemudian dikumpulkan di dua topi, satu untuk wanita dan satu lagi untuk pria yang nantinya akan mengambil satu-satu kertas yang ada di dalam topi. Pria dan wanita yang mendapatkan nama masing-masing akan menjadi pasangan, dan mencoba untuk emlakukan kencan.

Wah.. ternyata banyak sekali ya tradisi unik di berbagai belahan dunia dalam merayakan datangnya hati kasih sayang atau valentine, tentu keunikan tersebut dapat menarik minat bagi para wisatawan lokal negara tersebut ataupun manca negara. Jadi negara mana yang ingin anda kunju8ngi untuk merayakan hari valentine? Happy Valentines Day!