TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH1

TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH

Beberapa hari lagi, Hari Kemerdekaan Indonesia akan segera tiba. Biasanya, satu minggu sebelum HUT RI, masyarakat sudah mempersiapkan perayaan atau tradisi yang akan dilakukan di daerah masing-masing. Lomba-lomba 17 Agustus seperti, lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang adalah acara yang dilakukan setiap JYUGtujuh belasan. Ini dia tradisi unik yang dilakukan di berbagai daerah di hari kemerdekaan tiba.

Lari Obor Estafet.

TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH1

Lari obor estafet, merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Semarang untuk mengisi acara tujuh belasan. Lomba lari ini, sudah dilakukan selama 32 tahun dan selalu diselenggarakan sebagai tradisi tujuh belasan. Tradisi lari obor estafet, melambangkan bahwa obor merupakan simbol semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Kamu bisa menyaksikan lari obor estafet pada malam hari di tanggal 17 Agustus.

Tirakatan

TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH2

Tradisi Tirakatan, dilakukan pada malam hari sebelum tanggal 17 Agustus di daerah pulau Jawa. Tradisi ini, diisi dengan sambutan dari berbagai pihak, penyampaian pesan-pesan moral perjuangan dan kemerdekaan, lalu ditutup dengan kegiatan makan bersama sambil duduk lesehan .

Lomba Dayung.

TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH3

Lomba yang selalu diadakan bertepatan dengan HUT RI ini, diikuti ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lomba dayung, diselenggarakan di Sungai Marta Pura. Cara perlombaannya sangat seru. Para peserta harus menempuh jarak 500 meter dimana, satu perahu diisi oleh 10 orang. Selain memperebutkan hadiah uang tunai, peserta yang menang juga akan memperoleh piala bergilir dari gubernur Kalimantan Selatan.

Telok Abang.

TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH4

Pada peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus, kamu bisa melihat Festival Telok Abang, Perahu Bidar, dan Perahu Motor Hias. Telok abang adalah telur yang dicat merah yang nantinya akan ditancapkan di perahu, pesawat terbang, dan mobil-mobilan yang terbuat dari kayu atau gabus, lalu diarak keliling oleh warga Palembang.

Pacu Kude.

TRADISI UNIK MERAYAKAN HUT RI DI BERBAGAI DAERAH5

Tradisi yang berasal dari Aceh Tengah ini, sebenarnya adalah lomba balap kuda. Namun yang membuat pacu kude ini unik adalah, setiap joki tidak ada yang memakai pelana dan para peserta berusia 12-20 tahun. Setiap acara pacuan kuda diadakan, ratusan penonton mengantri dan berdesak-desakan demi menyaksikan perlombaan ini.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT