TRADISI UNIK LEBARAN DI BERBAGAI DAERAHj

TRADISI UNIK LEBARAN DI BERBAGAI DAERAH

Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa dikenal dengan Lebaran adalah hari yang ditunggu-tunggu seuruh umat Islam. Sebagian besar masyarakat Indonesia menyambut Lebaran dengan tradisi yang serupa : mudik, silaturahmi, dan berziarah. Ternyata, cara merayakan Lebaran di berbagai daerah di Indonesia sangat unik & beragam :

Tradisi Lebaran di Jawa.

Salah satu tradisi Lebaran yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah Kupatan. Tradisi makan ketupat dengan berbagai campuran lauk seperti opor, sambal goreng ati dan lauk lainnya ini ternyata, berasal dari Jawa. Ternyata, tradisi ini diwariskan dari Wali Songo.

Tradisi Lebaran di Gorontalo

Tiga malam menjelang Hari Raya Idul Fitri, kota Gorontalo akan tampak gemerlap dengan jutaan lampu berbahan bakar minyak tanah yang kerlap-kerlip menghiasi malam. Tradisi ini disebut dengan Festival Tumbilotohe, sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat Gorontalo untuk menyambut Lebaran. Jaman dahulu festival ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat melakukan zakat di malam hari. Tak hanya lampu dan lentera yang menghiasi kota, festival Tumbilotohe juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti meriam bambu dan festival bedug.

Tradisi Lebaran di Bali.

Setiap menjelang hari raya Idul Fitri, umat Islam di Bali membagi-bagikan makanan kepada tetangga di sekitar rumah lewat tradisi ngejot. Dan umat Hindu Bali juga melakukan hal yang sama pada hari raya mereka, seperti saat Galungan dan Kuningan. Tradisi yang dilakukan secara turun temurun ini tidak hanya sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, tetapi juga sebagai simbol kerukunan di antara masyarakat Muslim dan Hindu di Bali.

Tradisi Lebaran di Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta biasa mengadakan pesta Grebeg Syawal setiap tanggal 1 Syawal. Perayaan ini dilangsungkan dengan cara mengarak Gunungan Kakung dan Gunungan Putri yang disusun dari sayuran dan berbagai hasil bumi. Gunungan ini dimaksudkan sebagai sedekah Sultan kepada rakyatnya. Gunungan tersebut bakal diperebutkan oleh masyarakat setempat. Mereka percaya bahwa hal ini membawa keberuntungan di masa yang akan datang.

Tradisi Lebaran di Lombok.

Tradisi perang lempar ketupat antar kelompok masyarakat ini sering menyedot perhatian publik karena warga akan saling melempar ketupat antar satu sama lain ketika hari raya Lebaran tiba.

Tradisi Lebaran di Sulawesi Utara.

Di Sulawesi Utara, ada sebuah tradisi unik di mana setiap 3 hari setelah Lebaran ada sebuah tradisi bernama Bindarundak yang dijalankan masyarakat setempat. Tradisi unik ini merupakan aktivitas memasak nasi jaha yang kemudian dimakan bersama-sama seluruh warga.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT