Tips Merawat Jilbab Agar Tetap Awet

Jilbab jadi barang utama bagi wanita muslimah untuk tampil lebih menawan dan percaya diri sehari-hari. Jadi nggak heran banyak dari mereka mengkoleksi jilbab dengan jumlah banyak dengan variasi yang berbeda untuk menunjang penampilannya. Mengoleksi itu lebih mudah dari pada merawatnya ladies. Coba deh ikuti tips merawat jilbab dibawah ini agar jilbab mu tetap awet seperti pertama kali waktu beli.

Saat Mencuci Jilbab

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat merawat jilbab adalah saat mencuci. Agar jilbabmu lebih awet sebaiknya kamu mencucinya dengan tangan. Jangan terlalu sering menggunakan mesin cuci, karena bisa merusak serat kain pada jilbab. Perlu diingat, pisahkan cucian jilbab dengan cucian pakaian ya! Kalau mencuci jilbab jangan menguceknya terlalu keras, kecuali ada noda yang membandel. Hanya dengan direndam dan dicelup-celupkan pada air deterjen sudah cukup. Sebaiknya pilihlah deterjen cair yang lembut ya ladies. Khusus jilbab yang memiliki pet, jangan sesekali memeras bagian pet karena bisa merubah bentuk pet.

Menjemur Jilbab

Kedua, hal yang perlu kamu perhatikan adalah menjemur jilbab. Jemurlah dengan posisi bagian dalamnya yang diluar. Usahanakan menjemur di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari langsung  agar warnanya tidak pudar.

 Ketika Menyetrika Jilbab

Ketiga adalah saat menyetrika jilbab. Kamu perlu memilah jenis bahan jilbab, karena beda bahan maka beda temperatur yang digunakan. Seperti contoh bahan sutra dan paris harus menggunakan suhu yang rendah agar tidak terbakar saat disetrika. Kamu perlu menghindari menyetrika bagian bordir, sulaman, payet dan busa pada jilbab agar tidak rusak. Kadang-kadang kamu juga sebel jilbab kamu berlubang karena peniti dan jarum. Kamu bisa menghilangkannya dengan cara menyemprotkan air ke bekas tusukan peniti dan jarum lalu menyetrikanya dengan suhu sedang.

Penyimpanan Jilbab

Dalam menyimpan jilbab, kamu harus mempersiapkan tempat khusus. Usahakan jangan bercampur dengan penyimpanan pakaian yang bisa bikin jilbabmu kusut. Sebaiknya menyimpan jilbab dengan menggantungnya di hanger untuk menghindari jilbab yang kusut. Khusus jilbab berpayet, kamu harus membungkusnya dengan plastik atau di tempat yang terpisah agar tidak tersangkut dengan serat jilbab yang lain. Jangan lupa pakai kamper untuk menghindari bau apek dan serangan kutu.

Itu tadi beberapa tips buat kamu agar jilbabmu tetap awet seperti pertama kali dibeli. Jangan lupa step-step nya ya ladies!