Tips Memilih Moisturizer Yang Bagus Untuk Wajah

Kelembaban wajah memang menjadi hal yang sering diperhatikan bagi kebanyakan orang, wajah yang terasa kering tentu akan membuat seseorang menjadi tidak merasa nyaman. Oleh sebab itu banyak dari kita berusaha merawat kelembaban kulit dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan moisturizer yang bagus. Moisturizer sendiri memang berperan menjaga kelembapan sekaligus mengunci manfaat dari produk kecantikan pada kulit. Namun, tentu memilih produk moisturizer tak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih moisturizer. Simak ulasan berikut agar anda dapat meminimalisir kesalahan dalam memilih moisturizer yang bagus.

  1. Kenali Jenis Kulit Anda.

Sebelum anda memilih dan menggunakan pelembab wajah yang bagus, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis kulit wajah anda. Karena berbeda jenis kulit berbeda pula kebutuhan dan cara perawatannya. Hal tersebut agar anda dapat memilih moisturizer yang bagus untuk jenis kulit, sehingga hasil yang didapatkan dari moisturizer tersebut akan maksimal.

  1. Cermati Kandungan Bahan dalam Moisturizer.

Setelah mengetahui jenis kulit yang anda miliki, anda harus terlebih dahulu memperhatikan serta mencermati kandungan bahan yang ada dalam moisturizer. Hal tersebut dapat diketahui dengan membaca lebel kemasan produk, biasanya pada pelembab akan dicantumkan kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Secara umum, kandungan dalam pelembab dapat digolongkan menjadi dua, yaitu bahan aktif dan inaktif.

  1. Pilih Moisturizer Dengan Kandungan SPF.

Apabila anda sudah mengetahui dan memastikan bahwa kandungan di dalam moisturizer yang akan anda pilih aman untuk dipakai, berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu usahakan anda memilih moisturizer yang mengandung SPF.  Kandungan SPF di dalam produk moisturizer bermanfaat sebagai pelindung dari paparan sinar ultraviolet dan cahaya matahari yang berbahaya bagi kulit wajah.

  1. Hindari Moisturizer yang Memiliki Potensi Mengiritasi Kulit.

Kandungan yang ada di dalam produk moisturizer yang akan dibeli memang harus selalu diperhatikan. Dikhawatirkan beberapa kandungan moisturizer terkadang tidak cocok dengan jenis kulit anda dan kemudian akan dapat membuat kulit iritasi dan menjadi terkelupas. Beberapa kandungan zat yang berpotensi menyebabkan iritasi antaralain adalah pewarna sintetis, silikon, fragrance, dll.

  1. Sesuaikan Jenis Moisturizer Dengan Kebutuhan.

Yang terakhir adalah anda harus menyesuaikan moisturizer yang akan anda beli dengan kebutuhan kulit. Seperti apabila anda memiliki kulit kering, anda  dapat memilih moisturizer dengan kandungan melembapkan seperti hyaluronic acid atau oil-based moisturizer yang berfungsi mempertahankan kelembapan pada kulit. Kemudian, bagi anda yang memiliki kulit berinyak atau rentan berjerawat, dapat memilih moisturizer dengan kandungan salicylic acid, tea tree oil, atau AHA yang dapat melembapkan sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

Beberapa hal diatas dapat anda gunakan sebagai referensi dan panduan ketika anda akan memilih produk moisturizer yang bagus dan dapat mengurangi resiko saat penggunaannya. Penggunaan moisturizer yang bagus dan teratur tentu akan dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada anda menggunakannya jika hanya saat membutuhkannya saja. Selain itu jangan lewatkan juga 4 cara simple rawat kulit wajah.