Tips Membuat Jam Tangan Quartz Awet

 

Sudah tahu jam tangan Quartz itu apa? Ini bukan jam tangan yang memiliki merek Quartz, tetapi Quartz di sini adalah movement pada jam tangan. Yaitu mekanisme pengaturan waktunya dijalankan menggunakan kristal kuarsa atau quartz.

 

Nah, kristal ini akan bergetar saat dialiri daya listrik yang berasal dari baterai. Maka jangan heran jika jam tangan Quartz juga disebut sebagai jam tangan yang menggunakan baterai.

 

Untuk masalah teknis kinerjanya bisa dicari di Google.

 

Karena jam tangan ini menggunakan baterai untuk dayanya, maka daya tahannya kadang menjadi permasalahan tersendiri. Berbeda dengan jam tangan mekanik yang memang akan berjalan terus meskipun lama tidak digunakan.

 

Supaya jam tangan Quartz ini tetap awet meskipun jarang digunakan, ada tips yang sangat mudah dilakukan. Yaitu dengan menarik crown atau knop tombol putaran jam tangan. Kalau sudah ditarik, maka jam tidak akan berjalan cirinya dengan jarum detik akan berhenti.

 

Nah dengan seperti itu maka jam tangan quartz ini tidak akan bekerja. Yang artinya daya baterai tidak akan terbuang karena quartz nya memang tidak berjalan.

 

Ini adalah tips yang sangat mudah dilakukan apabila jam tangan quartz Anda ingin disimpan dalam waktu yang lama. Sehingga nanti baterainya tidak akan habis.

 

Bicara soal baterai, jika baterai jam tangan habis dan tidak segera diganti dalam waktu yang lama maka akan muncul semacam cairan yang dapat merusak mesin jam tangan. Dan ini sangat bahaya.

 

Jadi sebaiknya kalau memang ada rencana untuk disimpan dalam waktu yang lama, tarik saja knopnya agar jam tangan tidak berjalan.

 

Jam tangan Quartz ini adalah salah satu jam tangan yang sangat familiar dan banyak digunakan orang. Karena dari segi harga juga sangat terjangkau, dan tentunya waktu yang ditampilkan sangat akurat. Bahkan beberapa jam tangan quartz sudah memiliki fitur kalender (tanggan dan bulan) yang bisa mengenali apakah di bulan ini tanggalnya sampai tanggal 30 atau 31. Dalam dunia jam ini disebut dengan teknologi Perpetual Calender.

 

Dan tentunya jam tangan ini sangat praktis sekali. Kalau tidak digunakan dalam waktu yang lama dan waktunya sudah tidak cocok, tinggal diatur saja. Hanya saja kekurangannya dari sisi baterai itu saja.

 

Tapi asal pengguna bisa menjaganya dengan baik, jam tangan quartz bisa bertahan lama. Apalagi sekarang ini sudah ada jam tangan quartz yang baterainya diisi ulang dari cahaya, jadi ada semacam panel di bisa menyerap cahaya menjadi energi yang disimpan di baterai. Selain itu juga ada yang dipadu dengan mekanik. Jadi perpaduan jam tangan quartz dan semi mekanik.

 

Untuk perawatan fisiknya yang penting jika disimpan lama, jangan ditempatkan di tempat yang lembab. Taruh di wadah yang tertutup di kasih silica gel dan jauhkan dari kapur barus. Karena itu justru akan merusak bagian-bagian fisik dari jam tangan itu.