Tips Memakai Make Up Saat dilanda Jerawat

Jerawat bisa jadi mimpi buruk bagi sebagian besar perempuan di dunia. Setitik jerawat bisa membuatmu nggak PD dan mengganggu waktu saat menjalani aktivitas. Akan tetapi ada mitos yang bilang kalau dilarang menggunakan make up saat dilanda jerawat. Hmm..bener nggak sih? Ternyata kamu tetap bisa tampil cantik dengan make up walaupun sedang berjerawat. Tapi ada beberapa hal yang  perlu kamu perhatikan saat make up. Yuk, simak tips-tips berikut ini

Pilih Alas Bedak yang Bertekstur Ringan

Alas bedak seperti foundation atau BB cream bisa kamu gunakan saat kamu berjerawat. Akan tetapi sebaiknya pilihlah alas bedak yang bertekstur ringan. Karena alas bedak yang bertekstur ringan lebih aman dari pada jenis full coverage yang dikhawatirkan bisa menyumbat pori-pori dan bisa memperparah jerawatmu. Saat mengaplikasikan alas bedak baik foundation atau BB cream lebih baik menggunakan jari yang bersih lalu ditepuk-tepuk perlahan di wajah. Kamu bisa juga menggunakan sponge atau beauty blender, namun pastikan kebersihannya untuk mengurangi transfer kuman ke wajah kamu.

Gunakan Bedak Tabur

Karena iklim tropis di Indonesia bikin kulit gampang berminyak, kamu perlu menjaga alas bedak seperti foundation atau BB cream tidak luntur. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan kuas atau brush pada bedak lalu ratakan di daerah area T yaitu dahi, hidung dan dagu. Kalau kamu sedang berjerawat sebaiknya menggunakan bedak tabur karena teksturnya lebih ringan dan tidak menutup pori-pori.

Tutupi Bagian Jerawat dengan Concealer

Kalau kamu merasa terganggu dengan jerawat kamu, kamu bisa menutupinya dengan concealer. Gunakan concealer pada bagian yang berjerawat saja. Oleskan pada jari yang bersih lalu tepuk perlahan hingga jerawat tertutup dan tersamarkan.

Pilih Pemulas Pipi (Blush) yang Bertekstur Powdery dan Hasil Matte

Agar tak terlihat pucat saat berdandan gunakanlah pemulas pipi atau blush. Nah, bagi yang berjerawat akan lebih baik bila menggunakan blush dengan tekstur powdery dan matte. Soalnya, tekstur yang powdery mudah diaplikasikan serta tidak terlihat glowy. Pilihlah blush dengan hasil yang matte agar tidak menonjolkan minyak dan jerawatmu. Perlu diingat, hindari blush dengan tekstur cair atau creamy karena bisa membuat wajah berminyak.

 



RELATED POSTS