TIPS JITU MERAWAT WAJAN TEFLON AGAR TIDAK MUDAH RUSAK

Bagi kaum hawa terutama ibu-ibu, peralatan masak yang wajib dipunyai antara lain salah satunya adalah teflon atau wajan anti lengket. Teflon memang saat ini sedang populer dikarenakan peralatan masak jenis ini tidak akan membuat makanan lengket pada permukaan wajan ketika memasak.

Meski begitu, sebagian orang masih ada yang merasa kesulitan untuk merawat dan membersihkan wajan anti lengket atau teflon ini. Lalu bagaimana cara yang baik dan benar dalam merawat teflon agar awet? Simak ulasan berikut.

  1. Hindari Menggunakan Api Besar.

Pada saat anda sedang memasak menggunakan teflon, sebaiknya api yang digunakan jangan api besar. Gunakan api kecil atau sedang, karena peralatan masak berbahan teflon dirancang hanya untuk memasak pada suhu panas rendah hingga sedang. Hal ini bertujuan agar, tidak menyebabkan lapisan anti lengket pada wajan teflon meleleh, mengelupas atau bahkan menguap hingga menjadi racun berbahaya.

  1. Hindari Peralatan Logam.

Jika saat anda memasak menggunakan teflon ada baiknya tidak menggunakan alat pengaduk atau spatulla yang terbuat bahan logam. Dikarenakan spatula berbahan logam akan dapat  merusak teflon dan akan meninggalkan goresan pada wajan teflon. Sebagai gantinya, gunakanlah spatula atau pengaduk yang terbuat dari bahan kayu agar lapisan lengket pada teflon tidak tergores.

  1. Perhatikan Saat Mencuci.

Hindari merendam wajan teflon secara langsung setelah selesai memasak. Mencuci langsung saat teflon masih dalam keadaan panas dapat merusak lapisan anti lengketnya, dikarenakan perubahan suhu yang terjadi secara drastis pada teflon. Jika ingin mencuci sebaiknya teflon didiamkan dahulu sampai dingin dengan sendirinya ini bertujuan agar lapisan anti lengketnya tidak mudah mengelupas, baru kemudian dicuci sampai bersih. Gunakan juga spon pencuci piring yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada lapisan anti lengket.

  1. Perhatikan Saat Membersihkan Noda Bandel.

Jangan sampai anda terlalu keras saat membersihkan noda atau kerak membandel pada teflon. Agar lebih mudah, gunakan saja baking soda untuk membersihkan kerak yang melekat di wajan teflon. Caranya hanya dengan merebus sedikit air yang sudah dicampur baking soda menggunakan teflon tersebut, tunggu sampai mendidih, setelah dingin baru kemudian cuci teflon menggunakan sabun,

  1. Perhatikan Penyimpanannya.

Untuk mengurangi resiko wajan teflon tergores dan menyebabkan lapisan anti lengket mengelupas, simpan wajan teflon yang sudah kering dalam posisi tertelungkup dan jangan sampai permukaan anti lengketnya bersentuhan dengan alat dapur lainnya.  Cara lainnya adalah dengan cara menggantung wajan teflon agar lebih aman. Hindari menumpuk alat masak berbahan teflon dengan peralatan masak lainnya yang terbuat dari logam.

Nah, dengan tips-tips diatas anda tidak perlu lagi khawatir wajan teflon anda dan terkelupas. Walaupun terlihat sedikit ribet, namun akan membuat wajan teflon anda lebih tahan lama. Selamat mencoba!