TIPS AGAR BIBIR TIDAK KERING SAAT PUASA

Pada saat berpuasa biasanya tubuh akan cenderung kekuragan cairan dan menimbulkan beberapa masalah, salah satunya bibir kering. Bibir kering dan pecah-pecah pastinya pernah dialami oleh siapapun yang tengah menjalani ibadah puasa. Selain menimbulkan rasa sakit, hal ini tentu membuat ibadah puasa agak tidak nyaman dan bahkan mengganggu penampilan.

Perawatan yang tepat pada bibir saat puasa bisa dilakukan agar bibir terlihat cantik dan sehat. Lalu bagaimana cara jitu untuk mencegah agar bibir tidak kering saat berpuasa? Simak ulasan berikut.

  1. Mengkonsumsi Sayur dan Buah saat Sahur dan Berbuka.

Untuk menurunkan risiko bibir kering, perawatan dari dalam sangat diperlukan yaitu dengan cara banyak mengkonsumsi sayur dan buah segar. Pada saat berbuka maupun sahur tak hanya karbohidrat saja yang perlu diperbanyak untuk menyimpan tenaga, tetapi juga harus diimbangi dengan sayur dan buah yang kaya mineral dan vitamin. Perlu diingat bahwa vitamin A, vitamin E, vitamin C, antioksidan, dan lemak esensial yang terkandung pada buah dan sayur berperan membuat kulit lembab dan mencegah kekeringan pada kulit.

  1. Perbanyak Minum Air Putih saat Sahur dan Berbuka.

Sudah sangat jelas terlihat apabila bibir seseorang kering berarti itu artinya tubuhnya sedang kekurangan cairan. Oleh karena itu untuk mencegah agar bibir tidak kering terutama saat berpuasa adalah dengan banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Seperti yang diketahui bahwa air mineral adalah sumber cairan yang terbaik bagi tubuh kita dan dianjurkan paling tidak meminum 8 gelas air putih setiap hari

  1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein.

Pada saat puasa, kebanyakan orang akan memiliki kebiasaan makan dan minum apa saja secara berlebihan dan tidak teratur dari biasanya. Maka selama bulan puasa sebisa mungkin batasi asupan kafein, karena kafein tinggi pada minuman bisa membuat kelembaban kulit berkurang. Terlebih bagi para pecinta kopi ataupun teh, saat puasa pun kebanyakan dari mereka akan tetap mengkonsumsinya. Mengkonsumsi teh atau kopi herbal tentunya lebih baik bagi kesehatan tubuh ketika sedang berpuasa.

  1. Hindari Makanan yang terlalu Pedas dan Asin.

Berbuka dengan makanan pedas dan asin selama puasa mungkin memang nikmat, namun bagi yang mempunyai bibir kering sebisa mungkin hindarilah makanan yang terlalu pedas atau asin. Hal ini dikerenakan mulut serta bibir akan gampang kering dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Selain bibir dan mulut, tenggorokan pun jadi ikut mudah kering sehingga lebih cepat terasa haus.

  1. Jangan Mengelupas Kulit Bibir yang Kering dengan Sengaja.

Membersihkan dengan mengelupas kulit, merupakan sebuah kebiasaan buruk di mana tangan biasanya akan menarik kulit bibir yang kering tersebut. Namun, tahukah anda  bahwa hal tersebut bukan membuat bersih tapi malah justru menyebabkan luka di bagian bibir sehingga terasa perih dan tidak nyaman. Kulit yang dikelupas secara paksa justru akan memicu iritasi.

Meskipun beberapa cara tidak dapat dilakukan ketika sedang berpuasa, namun anda tetap bisa melakukannya setelah berbuka sehingga akan tetap dapat menurunkan risiko bibir kering dan pecah-pecah. Sehingga, kulit bibir tetap cantik dan lembut. Selamat mencoba.



LEAVE A COMMENT