kue-cubit-2

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA

Lebih dari 300 tahun Indonesia dijajah Belanda. Tentu, bukan waktu yang singkat ya, HM Holic. Selama masa penjajahan, banyak budaya-budaya Belanda yang ikut dibawa masuk ke negara kita. Termasuk beragam kuliner dari negara mereka. Ternyata, saat ini masih banyak makanan peninggalan zaman Belanda yang masih ada disekitaran kita. Nah, ini dia 7 makanan peninggalan zaman penjajahan belanda yang masih eksis di Indonesia.

Semur.

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA1

Kamu pasti udah gak asing dengan kuliner bernama semur. Olahan daging atau bahan lain yang direbus dengan kuah berwarna coklat ini sering disajikan sebagai lauk ala rumahan. Siapa sangka, semur adalah makanan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Istilah semur ternyata berasal dari bahasa Belanda, yaitu smoor yang berarti rebusan. Di Belanda sendiri, smoor adalah olahan daging yang direbus bersama tomat dan bawang dalam waktu lama.

Perkedel.

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA2

Makanan yang satu ini mudah ditemui disekitar kita. Sampai saat inipun, perkedel masih menjadi makanan yang disukai masyarakat. Tapi, tak banyak orang tau kalau perkedel adalah makanan peninggalan Belanda. Makanan yang terbuat dari kentang yang ditumbuk ini bernama frikadeller di Belanda. Saat ini, perkedel tidak hanya terbuat dari kentang, namun dapat divariasikan dengan tahu, daging, ikan, atau bahan lainnya.

Kue Cubit.

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA3

Banyak yang mengira kalau kue cubit adalah cemilan baru yang berasal dari kota Bandung. Ternyata hal itu salah, HM Holic! Kue cubit sudah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Kue berukuran kecil ini merupakan adaptasi dari jajanan Belanda bernama poffertjes. Poffertjes adalah jajanan pinggir jalan semacam panekuk mini, yang biasa disantap ketika musim panas. Dulu, kue cubit hanya memakai meises sebagai topingnya. Berbeda dengan kue cubit modern yang memiliki toping yang lebih bervariasi.

Kaasstengels.

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA4

Kue kering ini sering dijadikan sajian khas lebaran bagi masyarakat Indonesia. Kue kaasstengels berukuran kecil, dengan bentuk panjang dan taburan keju diatasnya. Kaasstengels ternyata, juga salah satu makanan warisan dari Belanda. Kata Kaasstengels sendiri berarti stik keju. Kue kering ini merupakan salah satu snack atau hapjes yang cukup populer di Belanda.

Lapis Legit.

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA5

Kue dengan tekstur lembut ini memang lebih mahal dibandingkan kue lainnya. Meski begitu, lapis legit tetap menjadi favorit bagi penikmatnya. Kue lapis legit ini adalah salah satu peninggalan zaman penjajahan Belanda. Rempah-rempah khas seperti kayu manis, pala dan cengkeh didalam kue ini, membuat lapis legit disukai bangsa Belanda. Di Belanda, lapis legit disebut spekkoek alias spekuk. Kue ini menjadi salah satu hidangan dalam rijsttafel atau jamuan ala kolonial.

Selat Solo.

TERNYATA KELEZATAN 6 MAKANAN INDONESIA INI PENINGGALAN ZAMAN BELANDA6

Meskipun namanya selat Solo, ternyata makanan ini diadaptasi dari makanan Belanda, HM Holic. Selat Solo, mengadaptasi masakan bistik ala Eropa. Perbedaan keduanya ada pada kuah saus yang dipakai. Saus pada bistik Belanda berbasis kaldu dan bertekstur lebih kental dibandingkan saus selat solo yang lebih encer, manis dan kaya rempah-rempah. Dulu, selat solo biasanya menjadi makanan ningrat keluarga Keraton Solo.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT