Suka Jogging atau Lari?, Peralatan Olahraga Ini Wajib Kamu Miliki

Jogging atau lari merupakan olahraga yang digemari oleh banyak orang karena punya manfaat bagus untuk menjaga kesehatan. Jika kalian juga suka dengan kegiatan ini, ada beberapa peralatan yang wajib kamu miliki. Sehingga aktivitas tersebut menjadi semakin nyaman dijalankan sekaligus terhindar dari resiko cedera dan kecelakaan.

Sepatu lari

Tentu saja, jenis sepatu paling ideal untuk jogging adalah sepatu lari atau runner shoe. Biasanya sepatu ini memiliki bobot yang ringan dan sol tebal, sehingga bisa dijadikan tumpuan yang nyaman untuk berlari.

Apabila kalian juga mempunyai kegemaran melakukan olahraga lain, dapat memilih sepatu jenis cross trainer shoe. Tipe ini dapat dipakai untuk jogging, main bola basket, tenis dan sebagainya. Agar semakin nyaman, gunakan yang tumitnya agak kaku dan tidak mudah bengkok namun tetap terasa ringan di kaki.

Kaos

Kaos terbaik untuk olahraga lari adalah kaos dari bahan polyster, wool atau nilon agar nyaman dipakai dan tidak cepat lepek ketika tubuh mengeluarkan keringat. Kaos dari bahan katun juga boleh dikenakan, namun biasanya mudah terlihat kotor karena basah keringat.

Ada sebagian atlet lari yang suka memakai jaket saat berlatih. Langkah ini bisa kalian tiru tapi sebaiknya dilakukan saat cuaca sedang dingin saja. Dalam cuaca panas, jaket dapat membuat suhu tubuh cepat naik sehingga memunculkan rasa pengap.

Celana

Sama seperti kaos, celana yang digunakan untuk jogging sebaiknya dibuat dari bahan  polyster, wool atau nilon dan sebaiknya pilih yang ukurannya pendek. Tujuannya agar kaki leluasa dalam bergerak dan melangkah. Jika kalian lebih senang memakai celana training, pilih yang seratnya lentur dan lembut.

Botol minum

Sebenarnya peralatan yang satu ini tidak mutlak harus selalu ada ketika kalian sedang berolahraga lari. Tetapi ketika cuaca sedang panas atau sering merasa haus, sebaiknya tetap disediakan, sehingga tubuh tidak mudah kekurangan cairan atau dehidrasi.

Sport bra

Sport bra merupakan bra yang dirancang secara khusus bagi wanita sering melakukan kegiatan berat, termauk jogging. Pemakaiannya bertujuan untuk menyangga payudara sehingga tetap terasa nyaman ketika tubuh bergerak. Pilih yang ukurannya pas, tidak boleh kebesaran atau sebaliknya kekecilan.

Peralatan tambahan

Selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa peralatan lain yang sifatnya hanya tambahan saja dan tidak wajib selalu ada. Diantaranya tas pinggang untuk menyimpan ponsel, dompet atau kunci kendaraan.

Jika kalian merasa ukurannya terlalu besar, dapat diganti dengan arm band yang bisa dipakai di lengan tangan atau dikalungkan pada leher. Tapi peralatan ini hanya cukup untuk menyimpan ponsel saja.

Kemudian yang terakhir, kalian juga boleh memakai jam sport yang berfungsi sebagai penghitung jarak lari, detak jantung, jumlah kalori yang terbakar hingga GPS. Semua peralatan ini mudah kalian temukan gerai-gerai yang ada di Hartono Mall Solo.



LEAVE A COMMENT