Spesifikasi Smartphone yang Cocok untuk Gamer

 

Saat ini penggunaan smartphone lebih banyak digunakan untuk mengakses internet, media sosial, memotret dan untuk gaming. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi game yang sangat interaktif seperti game-game di PC.

 

Di tahun 2018, yang paling menyita perhatian adalah game PUBG dan AOV/Mobile Legends. Game ini memang yang paling banyak dimainkan pengguna smartphone. Untuk bisa memainkan game ini dengan lancar, tentu membutuhkan spesifikasi smartphone yang mumpuni untuk gaming.

 

Nah, karena sekarang ini banyak sekali tipe dan varian smartphone yang beredar di pasaran, maka pengguna harus lebih teliti saat membeli.

 

Jika ingin membeli smartphone yang akan digunakan untuk gaming, sebaiknya pilih yang memiliki spesifikasi seperti ini.

 

Prosesor kelas menengah

Prosesor adalah otak dari smartphone. Dari sekian banyaknya varian dan tipe smartphone yang ada di pasaran, yang membedakan satu dan lainnya salah satunya dari tipe prosesor atau SoC yang digunakannya.

 

Nah karena kebutuhannya untuk gaming, maka pilih prosesor yang minimal kelas menengah. Akan lebih baik jika memilih yang kelas atas. Contohnya prosesor kelas menengah adalah Qualcomm Snapdragon 625, 636, 653, 660, 675, 700. Kalau yang kelas atas biasanya diawali dengan angka 8, Snapdragon 8xx.

 

Di sarankan memilih smartphone yang menggunakan prosesor tipe baru, karena biasanya akan memiliki pembaharuan yang lebih efisien dari sisi kinerja maupun konsumsi dayanya.

 

Selain prosesor inti, juga perlu bicara soal GPU. GPU adalah prosesor untuk pengolahan grafis. Biasanya pihak produsen sudah membekali GPU yang sesuai dengan prosesor utamanya.

 

RAM yang besar

Kapasitas RAM smartphone sekarang ini ada beberapa pilihan, mulai 2GB, 3GB, 4GB, 6GB, bahkan 8GB. Kalau dulu awal-awal munculnya smartphone, RAM kapasitas 2GB sudah sangat cukup sekali. Karena aplikasi pada waktu itu juga belum beragam dan kebutuhan juga tidak seperti sekarang.

Tapi kalau sekarang ini yang kebutuhannya juga untuk gaming, maka direkomendasikan memilih smartphone yang memiliki RAM minimal 4GB. Dengan RAM 4GB, gamers akan mendapatkan pengalaman gaming di smartphone yang lebih lancar.

 

Kalau beli yang 3GB, dan tujuannya untuk gaming, sangat tanggung sekali.

 

Baterai besar

Sekarang ini penggunaan smartphone untuk gaming tidak hanya dilakukan beberapa menit saja, tetapi sudah hitungan jam. Yang artinya perlu kapasitas baterai yang besar agar bisa mengakomodir kebutuhan ini.

 

Kapasitas baterai smartphone saat ini yang paling besar adalah 5.000 mAh dan 4.000 mAh. Pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas baterai sebesar itu untuk membuat kebutuhan gaming bisa lancar.

 

Layar luas

Bermain game seperti PUBG dan Mobile Legends, akan semakin nyaman jika dilakukan di smartphone yang memiliki layar luas, minimal ukuran 5,99 inci.

 

Nah sebaiknya cari smartphone yang memiliki layar seluas itu. Karena akan memberikan kenyamanan saat bermain.

 

Itu spesifikasi yang minimal dibutuhkan untuk pengguna yang suka gaming melalui smartphone. Akan lebih baik jika sebelum membeli mencari informasinya dulu di internet atau media lain.

 

Sekadar informasi saja, faktor eksternal yang memengaruhi kenyamanan dan kelancaran saat gaming adalah kecepatan internet. Saat bermain game, kecepatan internet sangat berpengaruh. Sebagus apapun spesifikasi smartphone yang digunakan, tetapi jika jaringan internet kurang mumpuni maka akan mengganggu kelancaran saat gaming.