Review Novel Sang Alkemis

Judul                    : Sang Alkemis

Penulis                 : Paulo Coelho

Penerbit              : Gramedia

Terbit                  : 1988 – 2015

Halaman              : 220

Cover                   : Soft Cover

Berbekal sebuah mimpi, Santiago si pengembala domba akan melakukan sebuah perjalanan yang gila. Gila karena ia hanya menuruti kata hati, Ia belum tau jalan dan arahnya, tidak ada biaya dan tidak ada satupun kenalan di tanah yang asing tersebut. Tapi toh, Hari Santiago berlayar meninggalkan negerinya di Pesisir  Mediteranian, menyusuri lautan luas yang berwarna biru tosca, menuju harta karun yang petunjukknya muncul dalam mimpinya.

Dan perjalanan itu menjadi lebih gila dari apa yang sempat Santiago bayangkan. Berbagai peristiwa Ia alami di tanah yang gersang dan asing itu. berbagai orang ia temui, dari wanita gipsy, seorang tua yang mengaku sebagai raja dan tentunya perjumpaan dengan Sang Alkemis. Lalu apakah peristiwa selama perjalanan itu membantu Santiago untuk menemukan harta-karunnya? Apakah orang-orang yang ia kenal selama perjalanan bisa membantu pencarian Santiago? Apakah mimpinya nyata, dan harta karun di bawah kaki pyramid itu benar-benar ada? Apakah perjalanannya bakal sia-sia? Atau sudah benarlah untuk mengikuti kata hati semata…

Sang Alkemis atau The Alchemist adalah salah satu novel best seller karya Paulo Coelho yang terbit pertama kali di Brasil,tahun 1988. Kata-katanya dalam novel ini mengalir segar menggambarkan negeri indah di mediteran dan eksositisnya gurun-gurun di tanah Arab, diramu dengan berbagai kisah penuh nasihat, yang ditampilkan tanpa menggurui. Ringan dibaca dengan alur konflik dan permasalahan yang tidak tersaji rumit, namun mempunyai intisari yang sangat berbobot ketika pembaca mengurai symbol-simbol dalam karya tersebut. Karya Paulo Coelho ini adalah sebuah buku yang memberikan nasihat-nasihat tentang keberanian. Keberanian untuk melangkah mengejar mimpi dengan segala resiko yang ada.