SERUNYA PERAYAAN MALAM PERGANTIAN TAHUN DI BERBAGAI NEGARA

Perayaan malam tahun baru selalu dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bicara tentang perayaan malam tahun baru, ternyata di berbagai negara malam tahun baru tidak hanya dimeriahkan dengan cara menyalakan kembang api atau meniup terompet saja. Yuk! Intip serunya perayaan malam tahun baru di berbagai negara!

Spanyol.

Warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat dalam hitungan detik. Buah anggur, melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru. Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil makan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.

Amerika Serikat.

Tahun baru adalah perayaan besar bagi warga Amerika Serikat. Warga Amerika biasa merayakan malam tahun baru dengan mengadakan pesta atau festival. Mereka akan menari, menyanyi, dan makan bersama. Saat tepat jam 12 malam hari, para pasangan akan berpelukan dan semua orang saling mengucapkan “Happy New Year”.

Brazil.

Ada suatu kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat Brazil tentang sosok seorang dewa laut bernama Lemanja. Setiap malam tahun baru masyarakat Brazil menyelenggarakan ritual untuk menghormati Lemanja. Di tengah malam pergantian tahun, warga Brazil berbondong-bondong menuju pantai untuk menaburkan bunga di laut, dan mengubur buah-buahan di pasir pantai sebagai tanda penghormatan mereka terhadap sang Dewa.

Colombia.

Tradisi tahun baru warga Colombia dilakukan dengan membakar sebuah boneka yang terbuat dari jerami seperti orang-orangan sawah, kemudian mereka akan menulis nasib buruk atau kesalahan yang ingin dibuang dalam sebuah kertas. Dan tepat pada pukul 12 mereka akan menempelkan kertas pada boneka dan membakarnya. Itu sebagai simbol menghilangkan dan mengucapkan selamat tinggal bagi nasib buruk dan selamat datang untuk nasib baik.

Jerman.

Menurut kepercayaan warga Jerman, jika mereka memakan sisa hidangan pesta perayaan New Year’s Eve di tanggal 1 Januari, mereka tidak akan mengalami kekurangan pangan selama 1 tahun penuh. Di Berlin, makanan yang biasa disajikan di pesta perayaan New Year’s Eve adalah ikan mas. Uniknya, duri ikan mas yang dimasak tidak akan dibuang tetapi akan dibagikan kepada para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm (jimat keberuntungan).

Korea Selatan.

Menurut kepercayaan warga Korea Selatan, apabila pada malam pergantian tahun mengkonsumsi kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar, dan kerupuk nasi atau thuck gook, maka mereka tidak akan bertambah tua tahun itu. Maka setiap malam pergantian tahun, warga Korea memakan makanan tersebut.

Itulah beberapa perayaan unik malam tahun baru di beberapa negara. Walaupun berbeda-beda perayaannya, malam tahun baru akan semakin bermanfaat jika kita menggunakannya untuk introspeksi diri, dan membuat rencana untuk tahun berikutnya. Selamat merayakan tahun baru 2018!