Balsa Bridge Challenge 2017

SERUNYA KOMPETISI MEMBANGUN JEMBATAN DARI KAYU BALSA DI HARTONO MALL SOLO

Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil UMS, bekerjasama dengan Hartono Mall Solo menggelar sebuah kompetisi tingkat nasional, yang bertajuk “National Bridge Challenge 2017”. Acara yang digelar selama dua hari, pada tanggal 9-10 Agustus 2017 di Atrium Hartono Mall Solo ini, merupakan sebuah kompetisi, dimana para peserta membuat miniatur jembatan yang terbuat dari kayu balsa.

Kayu Balsa, merupakan salah satu kayu ringan yang cukup sering digunakan di kalangan khususnya, mahasiswa Teknik Sipil. Keistimewaannya, meskipun ringan, kayu balsa ini dapat menahan beban hingga puluhan kilogram, dengan konstruksi dan perhitungan yang tepat.

Kompetisi yang diikuti oleh 15 tim dari perwakilan berbagai Universitas ini, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pada tanggal 9 Agustus 2017, dengan agenda peserta membangun miniatur jembatan, dengan durasi waktu 5 jam. Tak hanya sekedar membuat miniatur, jembatan ini juga akan diuji kekuatannya dalam 4 tingkatan pada sesi kedua, yang dilaksanakan pada 10 Agustus 2017.

Tingkatan pengujian tersebut diantaranya, pengujian dengan beban kosong, beban dengan berat 10kg, beban dengan berat 20kg, dan beban dengan berat 30kg. Setelah melalui serangkaian pengujian, didapatkan 3 besar pemenang. Diantaranya  tim Sinar 1 dari Universitas Narotama, tim Cube 14 dari UMS, dan tim Sunrise Disana dari UNESA.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT