SERABI NOTOSUMAN MELEGENDA SEJAK 1920-AN

Berkunjung ke Solo kurang lengkap jika kamu belum mencicipi Serabi Notosuman. Makanan khas Solo ini sudah mulai ada sejak tahun 1920an loh, tepatnya 1923. Rasa santan yang kuat di mulut, tipis dan lembut adalah ciri Serabi Notosuman yang membedakan dengan serabi yang ada di kota lain seperti Bandung.

Notosuman merupakan nama jalan yang ada di Solo, disini terdapat dua pabrik pembuat Serabi Notosuman yang terkenal yaitu Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Srabi Notosuman Ny. Secara tekstur dan bentuk secara keseluruhan kedua pabrik serabi tersebut menciptakan serabi yang sama, namun Serabi Ny. Handayani menawarkan rasa serabi yang lebih manis.

Serabi Notosuman hanya menyediakan dua pilihan rasa sebagai ciri khasnya, original dan cokelat. Ini sedikit berbeda dengan kebanyakan penjual serabi di Solo yang menambahkan aneka rasa seperti pisang, nangka, keju, coklat, dan sebagainya. Serabi original menawarkan rasa manis dan gurih yang kuat dari santan, sementara untuk rasa cokelatnya berasal dari meses cokelat yang ditaburkan di atas serabi. Teksturnya cukup padat, namun terasa begitu lembut ketika masuk mulut. Serabi Notosuman hanya bisa dinikmati selama 24 jam karena tidak memakai bahan tambahan/pengawet.

Satu dus serabi putih (serabi original) isi 10 diharga 23 ribu rupiah sementara untuk serabi coklat dihargai 25 ribu rupiah. Kamu juga bisa memesan serabi dengan dua varian rasa sekaligus, 5 original dan 5 rasa cokelat.

Ciri lain dari Serabi Notosuman adalah cara membungkusnya. Sebelum dimasukkan dalam kardus kemasan, biasanya serabi digulung terlebih dulu dan dibalut dengan daun pisang. Dengan begitu serabi dalam kemasan tidak akan saling menempel satu sama lain. Daun pisang itu pun memudahkan menyantap serabi tanpa harus meninggalkan rasa lengket di tangan.

Serabi Notosuman ini sangat terkenal, banyak orang membeli serabi untuk oleh-oleh atau sekedar untuk camilan di rumah. Oleh karena itu, kamu harus datang di jam-jam pagi atau siang agar tidak kehabisan. Saat membelipun kamu juga harus sabar untuk antri.

Bagaimana? Sudah membayangkan kelezatan makanan khas Solo ini? Langsung aja pergi ke Serabi Notosuman di Lokasi Jl. Mohhamad Yamin No.28 / Serengan, Solo.