IMG-20170213-WA0003

Semarak Festival Tari Anak Kembang Lawu di Hartono Mall Solo

Minggu, 12 Februari 2017, Sanggar tari Kembang Lawu Karanganyar bekerjasama dengan Hartono Mall Solo menyelenggarakan Festival Tari Anak yang diikuti oleh 39 peserta. Acara ini sebagai ajang mengekspresikan bakat tari anak-anak dan remaja sekaligus ujian akhir yang diadakan oleh sanggar Kembang Lawu.

Sanggar Kembang Lawu adalah sanggar tari yang berasal dari Karanganyar. Sanggar ini berdiri pada tahun 2009 dan menjadi LKP atau Lembaga Kursus dan Pelatihan, sejenis sekolah non formal pada tahun 2014. Selain mengajar tari, sanggar Kembang Lawu juga terdapat tata rias pengantin.

Menurut Fitri, pimpinan Sanggar Kembang Lawu, dalam sanggar Kembang Lawu terdapat lima tingkatan pembelajaran tari. Mulai dari pemula, dasar, menengah, lanjutan, dan mahir. Masing-masing tingkatan paling tidak menguasai minimal empat sampai lima tarian.

Dengan jenis tarian paling sulit yaitu tari tradisi karena banyaknya pakem-pakem yang harus dipatuhi. Sedangkan tari kontemporer dan tari kreasi baru lebih mudah dipahami sehingga lebih banyak digunakan oleh pemula dan anak-anak kecil sebagai dasar menari.

Untuk frekuensi belajar diadakan setiap dua minggu sekali dan kenaikan tingkat setiap 4 bulan sekali. Dan kenaikan tingkat dalam bentuk ujian akhir kali ini diadakan di Hartono Mall Solo.

Ujian ini tidak berdasarkan pada usia, namun menyesuaikan seberapa lama mereka bergabung dengan sanggar. Jenis tari yang dibawakan dalam acara ini berupa tari tradisional dan tari kreasi baru. Untuk penilaiannya sendiri yang dilihat adalah bagaimana keluwesan menari, hafalan menari, serta olah roso yaitu sudah menyatu atau belumnya antara gerakan dengan roso nya.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT