Sehatkan Tubuh dengan Cokelat

Cokelat telah menjadi panganan yang banyak digemari orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menggemari cokelat. Segudang manfaat yang terkandung dalam cokelat ternyata dapat menyehatkan tubuh penikmatnya. Berikut manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh.

Menghilangkan Stress

Telah banyak dikenal kalau cokelat dapat meredakan stress. Molekul psikoaktif yang terkandung dalam cokelat dapat memberikan rasa nyaman, sehingga membuat orang yang stress atau penuh tekanan setelah mengkonsumsi cokelat suasana hati mereka terasa lebih baik dan tenang. Kandungan anandamide yang terdapat dalam cokelat juga membuat kerja otak lebih tenang. Dengan sepotong cokelat yang Anda konsumsi tentu akan membuat Anda rileks dan tersenyum bahagia.

Meminimalisir Gejala Pikun

Dalam jurnal Neurology terungkap bahwa cokelat dapat menjaga otak para orang tua tetap sehat dan pikiran mereka tetap tajam. Hal tersebut berarti cokelat dapat meminimalisir gejala pikun. Dengan mengkonsumsi dua cangkir cokelat setiap hari selama 30 hari terbukti meningkatkan aliran darah ke otak sebesar 8,3 persen. Dalam penelitian juga dibuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi cokelat secara rutin, dalam tes memori dan berpikir mendapatkan skor yang jauh lebih baik.

Membuat Panjang Umur

Tidak banyak diketahui bahwa cokelat mengandung zat yang dapat memperlambat penuaan. Hal tersebut berarti dengan mengkonsumsi cokelat secara teratur dapat memperpanjang usia. Terbukti dengan hasil studi yang telah dilakukan di Belanda yang diikuti oleh 200 pria di atas 20 tahun. Hasil studi menunjukkan bahwa pria yang banyak mengkonsumsi cokelat baik cokelat susu maupun dark cokelat, hidup lebih lama dan menurunkan resiko terkena penyakit dibanding pria yang sedikit atau sama sekali tidak mengkonsumsi cokelat. Hal tersebut berkaitan dengan tingat antioksidan cokelat yang tinggi.

 

Itulah tiga dari banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi cokelat yang jarang diketahui. Tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi cokelat. Sebab dari pikiran yang tenang dan daya ingat yang baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan tentunya akan berdampak pada angka usia kita.



LEAVE A COMMENT