SEGUDANG MANFAAT WORTEL YANG KAYA AKAN KANDUNGAN NUTRISI

Kelinci tidak salah pilih jika ia gemar sekali mengkonsumsi wortel. Karena, wortel kaya nutrisi yang banyak manfaat. Artikel ini tidak akan membahas kelinci yang suka wortel tapi artikel ini,  akan membahas mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari wortel itu sendiri.

Kandungan gizi wortel menurut departemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein. Selain itu,  wortel kaya akan vitamin A, Antioksidan, serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Maka dari itu wortel kaya kandungan nutrisi dan juga banyak manfaatnya seperti dibawah ini:

Vitamin dan Mineral.

Wortel mengandung vitamin A yang menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, wortel mengandung biotin (salah satu vitamin B) yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein. Kemudian, terdapat vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Kalium, salah satu mineral yang terdapat pada wortel berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi.

Mencegah Penyakit Jantung.

Mengonsumsi lebih banyak wortel oranye dan sayuran lainnya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner sebesar 32 persen. Selain itu, konsumsi wortel bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung pada wanita. Ini karena wortel dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Karbohidrat.

Karbohidrat pada wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, wortel aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Antiradang.

Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen , naproxen, dan celecoxib

Serat.

Pada wortel terdapat serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat-serat tersebut membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Selain itu, serat tersebut juga memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit

Merawat Mata.

Vitamin A, beta karoten, dan lutein pada wortel dapat mencegah mata dari gangguan atau penyakit, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi

Menjaga Kesehatan Mulut.

Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

Banyak bukan manfaat dari mengkonsumsi wortel? Selain untuk kesehatan ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan! Selamat mencoba!



LEAVE A COMMENT