SEGUDANG MANFAAT DAUN SIRSAK

Kebanyakan orang, mengkonsumsi buah Sirsak tanpa mengetahui bahwa daun sirsak juga memiliki banyak manfaat, seperti buahnya! Dunia medis sudah banyak melakukan penelitian mengenai manfaat daun sirsak, salah satunya adalah dapat membantu pengobatan kanker. Berikut ini adalalah beberapa manfaat dari daun sirsak :

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Caranya adalah rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Mengobati Penyakit Kanker.

Manfaat daun sirsak lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Ini dikarenakan di dalam daun sirsak mengandung acetogenin yang 10.000 kali lebih kuat untuk melawan sel kanker.

Mengatasi Komedo.

Daun sirsak yang telah dihaluskan, jika dioleskan pada kulit, sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo serta masalah kulit lainnya.

Menyembuhkan Asam Urat.

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun sirsak adalah untuk membantu menyembuhkan asam urat. Hal ini karena di dalam daun sirsak mengandung annocatalin, acetogenin, annomuricin, asam gentisic, asam linoleat serta caclourin yang sangat ampuh untuk menobati asam murat.

Membantu Mengobati Kolesterol.

Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan mengonsumsi daun sirsak. Untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirsak ini Anda cukup merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah agak tua dengan 3 gelas air. Rebuslah hingga tersisa 1 gelas saja.

Mengobati Diabetes.

Manfaat daun sirsak yang satu ini ternyata sangat ampuh untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena, di dalam daun sirsak mengandung antioksidan seperti saponin, bioflavonoid serta polifenol.

Meningkatkan Kesuburan.

Buat Anda yang memiliki masalah kesuburan rahim dan susah untuk mendapatkan keturunan, ternyata daun sirsak ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Daun sirsak akan membantu untuk menigkatkan produksi sperma bagi pria, sedangkan bagi wanita sangat bermanfaat untuk menyuburkan rahim.

Banyak kan manfaat dari daun sirsak itu sendiri? Tapi, sebelum kamu membuat olahan daun sirsak alangkah baiknya meminta pendapat dokter atau tenaga ahli lainnya. Tidak bisa sembarangan dalam mengolah daun sirsak, berikut ini kami berikan tips untuk mengolah daun sirsak.

  1. Bersihkan daun. Jangan lupa bersihkan daun dengan air mengalir karena akan banyak terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.
  2. Jangan konsumsi terlalu berlebihan, pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak menggurangi khasiat dari daun tersebut.
  3. Konsultasikan ke ahli herbal terkait. Pastikan anda melakukan konsultasi dengan ahli herbal terkait untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya.

Setelah dipelajari ternyata daun sirsak banyak manfaat kan? Selamat mencoba dirumah dan semoga berhasil!