SAMANA SANTA TRADISI PERAYAAN PASKAH DI FLORES TIMUR

Hidup di Indonesia, berarti hidup dengan berjuta kebudayaan, tradisi dan juga adat istiadat. Begitupun perayaan acara keagamaan. Setiap daerah, memiliki tradisi dan perayaan khasnya sendiri, seperti perayaan Paskah di Flores, NTT.

Samana Santa merupakan perayaan Paskah di Flores, yang merupakan Perayaan warisan Portugis di Larantuka. Perayaan tersebut, merupakan ritual yang dilakukan sejak 5 abad lalu. Makna perayaan menempatkan pusat ritual kepada Yesus dan Bunda Maria sebagai perempuan berkabung (Mater Dolorosa) karena menyaksikan penderitaan anaknya sebelum dan saat disalibkan.

Rangkaian acara Samana Santa biasa dimulai pada Rabu Abu, dimana digelar doa sepanjang Masa Prapaskah. Setiap Jumat dan Sabtu hingga Pekan Suci, umat berdoa  bersama – yang mereka sebut sebagai “mengaji semana” – di Kapela Tuan Ma.

Saat memasuki Pekan Suci, kegiatan khusus dimulai, yakni pada hari Rabu, yang disebut Rabu Trewa, untuk mengenang Yesus kala dikhianati Yudas Iskariot dan dibelenggu tentara Romawi. Pada Rabu malam, umat membunyikan berbagai peralatan, seperti memukul kaleng-kaleng bekas untuk menggambarkan kegaduhan saat Yesus diarak.

Esok paginya, pada Kamis Putih, suasana mulai hening. Umat mulai memancang kayu dan bambu di pinggir jalan di kota Larantuka. Kegiatan ini disebut “tikam turo”. Di kayu dan bambu itu nanti akan ditempatkan lilin selama prosesi pada Jumat Agung malam.

Ritual keagamaan terus berlanjut sampai pada puncak rangkaian Samana Santa,  di hari Jumat Agung, di Larantuka ditandai dengan begitu semaraknya ribuan peziarah dan wisatawan lainnya, yang mengikuti prosesi Mengantar Tuan Menino dari Kapela Tuan Menino di daerah Sarotari, menuju ke Pante Kuce, Pohon Sirih.

Selain sebagai prosesi perayaan Hari Paskah, tradisi Samana Santa ini juga menjadi daya tarik banyak wisatawan. Sehingga, pemerintah sangat mendukung dan memfasilitasi acara tersebut.

Tertarik untuk ke NTT? Silahkan Anda menjadwalkan untuk liburan ke Flores di hari Paskah ini. Selain Anda merayakan hari Paskah, Anda juga bisa liburan ke Flores, yang terkenal dengan Labuan Bajo dan pulau Komodonya.



LEAVE A COMMENT