SAJIAN KHAS SAAT PERAYAAN HARI RAYA NYEPI

Setiap agama memiliki hari raya-nya masing-masing, termasuk juga dengan Nyepi yang merupakan hari raya besar umat Hindu. Tahun ini, hari raya Nyepi jatuh pada tanggal 17 Maret 2018. Selain melakukan doa atau sembahyang, pada perayaan ini biasanya juga akan terdapat menu-menu khas saat bersantap bersama seusai perayaan nyepi tersebut dilaksanakan. Lalu apa saja ya santapan khasnya? Berikut ulasannya!

1. Pulung Nyepi.
Pulung nyepi merupakan salah satu kue tradisional yang berbentuk seperti jenang, biasanya kue ini akan sealu tersedia ketika memperingati hari raya Pengerupukan yang merupakan salah satu rangkaian saat pelaksanaan hari raya Nyepi yang dilaksanakan satu hari sebelum menyambut Nyepi. Jajanan ini berasal dari Sukasada dan sudah menjadi tradisi khusus menjelang nyepi. Bahan utamanya adalah tepung beras yang kemudian dicampur dengan menggunakan tepung kanji dan dikukus, lalu diuleni dan dibentuk. Terakhir direbus lagi hingga matang dan disajikan menggunakan parutan kelapa di bagian atasnya.

2. Entil.
Salah satu makanan tradisional Bali yang hanya bisa ditemukan ketika perayaan nyepi adalah entil yang berasal dari Wongaya Gede. Entil sndiri bisa dikatakan adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras lalu dibungkus dengan daun dan kemudian diikat menggunakan bambu. Diperlukan waktu yang lama untuk membuat beras menjadi nasi dengan cara direbus. Namun semakin lama direbus, maka Entil akan lebih nikmat dan juga bisa bertahan lebih lama. Entil menjadi menu utama setiap perayaan Nyepi karena sederhana dan praktis.

3. Nasi Tepeng.
Selain entil tadi, masih ada lagi makanan tradisional khas bali yang berasal dari daerah Gianyar yang bernama nasi tepeng. Nasi ini mempunyai cita rasa pedas dan diberi berbagai macam bumbu berupa rempah-rempah yang kemudian dimasak menjadi satu. Dalam satu masakan nasi tepeng, tersedia berbagai macam sayuran seperti daun kelor, terong, nangka muda, kacang merah, kacang panjang, dan diberi tambahan kelapa parut sehingga sekilas terlihat seperti urap-urap di daerah Jawa. Nasi tepeng ini akan disajikan dengan alas daun pisang sehingga rasanya akan lebih nikmat.

4. Cerorot.
Kudapan yang satu ini merupakan salah satu kue tradisional yang pasti ada ketika merayakan nyepi adalah Cerorot. Kue ini tergolong kue basah yang digemari oleh anak-anak Bali karena rasanya sangat manis sekaligus bentuk menyerupai contong yang unik. Bentuknya yang mengerucut biasanya dibentuk dari cetakan kulit yang dimasukkan adonan di dalamnya kemudian dikukus hingga matang.

5. Jaja Apem.
Sebenarnya jaja apem tak hanya tersedia dalam nyepi saja namun juga berbagai macam upacara adat di bali. Terbuat dari tepung beras yang akan difermentasikan berasama dengan tape singkong serta air kelapa. Setelah itu adonan dicetak pada daun pisang yang kemudian dikukus.
Ternyata beragam ya sajian pada saat perayaan Hari raya Nyepi, tak hanya unik namun juga dapat menggoyang lidak para penikmatnya. Selain itu, tentu dengan mengetahui berbagai makanan yang ada pada perayaan Nyepi akan dapat menambah referensi kuliner anda dikala berkunjung ke provinsi Bali.



LEAVE A COMMENT