RASAKAN SENSASI GURIH NAN RENYAH EMPING GARUT CEMILAN KHAS KOTA SRAGEN1

RASAKAN SENSASI GURIH NAN RENYAH EMPING GARUT CEMILAN KHAS KOTA SRAGEN

Garut, mungkin nama dari jenis tanaman palawija ini masih jarang diketahui oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, tak banyak yang tahu bahwa garut ternyata merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan dan memilki banyak manfaat. Tanaman yang memiliki nama latin Maranta arundinacea ini, adalah tumbuhan penghasil umbi yang dapat dimakan.

Selain dikonsumsi secara langsung, saat ini garut juga sudah dikembangkan dan diolah menjadi produk-produk yang inovatif. Seperti olahan yang satu ini. Mungkin kebanyakan masyarakat mengenal emping berbahan dasar dari melinjo, namun di tangan masyarakat Sragen, garut pun juga dapat dijadikan olahan emping yang gurih nan lezat. Salah satu sentra pengembangan petani garut Sragen. terdapat di Kecamatan Mondokan, Sumber Lawang, Sukodono, Miri, Tangen dan Jenar.

Emping garut saat ini menjadi salah satu produk olahan paling populer yang berbahan dasar dari umbi garut. Selain karena mudah diproduksi, emping garut juga banyak disukai karena menjadi produk pengganti dari emping melinjo. Ya, emping garut banyak dipilih oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut atau memiliki masalah dengan penyakit asam urat, sehingga tidak bisa mengonsumsi emping melinjo.

Tak hanya itu, emping Garut-pun banyak dijadikan panganan untuk buah tangan apabila berkunjung ke Kota Sragen. Rasanya yang enak, gurih dan renyah menjadi salah satu favorit oleh-oleh masyarakat yang datang ke Bumi Sukowati ini.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT