Rahasia Merawat Barang Elektronik Biar Berumur Panjang

Manusia kini tidak bisa dipisahkan dengan barang-barang elektronik yang serba bisa. Seperti contoh televisi, mesin cuci, komputer, AC, kulkas, dan lainnya. Dengan barang elektronik, pekerjaan semakin mudah dan selesai dalam waktu singkat. Kini barang elektronik bisa ditemukan kapan saja dan dimana saja. Apalagi hadirnya Electronic City memudahkan masyarakat mendapatkan barang elektronik yang diinginkan. Semakin meningkatnya frekuensi penggunaan alat elektronik membuat kita harus aware dengan perawatannya. Bahkan ada pula barang elektronik yang jarang dipakai malah mengalami kerusakan. Sayang kan barang elektronik kesayangan harus rusak dalam waktu cepat? Tidak sulit kok merawat barang elektronik. Yuk ikuti cara ini!

 

Gunakan Stabilizer

Karena aliran listrik tidak selalu stabil 100%, ada baiknya kamu menggunakan stabilizer untuk barang elektronik kamu. Aliran listrik yang tidak stabil akan mempercepat kerusakan barang elektronik, karena setiap barang memiliki batas tegangan. Dengan menggunakan stabilizer, barang elektronik lebih aman saat voltase listrik naik turun.

 

Aware Dengan Stop Kontak

Stop kontak atau yang dikenal sebagai colokan ini sangat berpengaruh sama awet tidaknya barang elektronik kamu. Stop kontak dengan penyambung jangan sampai longgar, karena membuat aliran listrik yang masuk tidak stabil. Ditambah lagi bisa menyebabkan biaya beban listrik lebih tinggi. Kalau stop kontak sudah mulai longgar, segera gantii  ya!

 

Bersihkanlah Sekali Waktu

Tidak hanya manusia saja yang butuh mandi, barang elektronik pun juga. Agar tampilannya tetap cantik, bersihkanlah dengan lap yang berbahan halus dan gunakanlah cairan pembersih khusus barang elektronik. Hati-hati saat membersihkannya ya! Jangan sampai membersihkan di bagian yang dialiri listrik, bisa jadi kamu tersengat listrik atau barang elektronik kamu jadi konslet. Bersihkan cukup pada bagian badannya saja ya!

 

Peletakan Yang Tepat

Ternyata meletakkan barang elektronik di dalam rumah tidak boleh sembarangan. Why? Karena jika diletakkan di tempat yang dingin dan lembab bisa memperpendek usia barang elektronik. Selain itu barang elektronik yang terpapar sinar matahari langsung, komponen didalamnya akan rusak. Untuk itu letakkanlah barang elektronik di tempat yang sirkulasi udaranya bagus.

 

Gunakan Sesuai Buku Petunjuk

Last bu not least. Pakailah perabot elektronik dengan sesuai buku petunjuk. Karena kerusakan bisa disebabkan karena pemakaian yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.



RELATED POSTS