Rahasia Jitu Memakai Make Up Primer Untuk Kulit Berminyak

Rahasia Jitu Memakai Make Up Primer Untuk Kulit Berminyak
Memilih make up primer untuk kulit berminyak memang gampang-gampang susah. Tapi bila sudah mengetahui teknik dan caranya, penampilan wajah tetap bisa terlihat sempurna dan cantik. Kulit berminyak bukan merupakan sebuah penghalang untuk tampil menarik, bahkan dapat menjadi pusat perhatian banyak orang.

1. Wajah harus selalu dalam kondisi bersih

Apapun produk atau merk kosmetik yang digunakan, tidak mungkin dapat menempel secara sempurna pada wajah ketika muka tersebut tidak dibersihkan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan misalnya dengan face tonic, milk cleanser, facial foam dan sebagainya. Jika terasa ribet, menggunakan air bersih yang dingin saja sudah cukup.
Pembersihan wajah ini harus selalu rutin dilakukan paling sedikit dua kali sehari agar jerawat dan komedo tidak muncul lagi. Lebih dari itu pembersihan, juga bisa menghilangkan sisa-sisa make up. Kemudian setelah menjadi bersih, make up akan mudah menempel secara sempurna di wajah.

2. Penggunaan foundation

Tips memilih serta memakai make up primer untuk kulit berminyak selanjutnya, gunakan foundation yang bentuknya bubuk (powder). Foundation ini mampu menghadirkan hasil tata rias wajah dengan tekstur yang lebih halus dan sempurna.
Jangan memilih oil base foundation yang dibuat dari bahan dasar minyak, agar pori-pori tidak tersumbat. Sumbatan ini apabila sering terjadi bisa memunculkan resiko lebih besar terhadap kehadiran jerawat.
Sedangkan foundation cair, sebenarnya sangat bagus untuk wajah berminyak tapi yang sering jadi masalah adalah daya tahannya kurang begitu lama. Apabila tetap ingin menggunakannya sebagai make up primer untuk kulit berminyak, pilihlah yang bentuknya stick atau cream dan dilengkapi dengan label ‘oil control’ atau ‘oil free’.

3. Pemilihan bedak tabur

Bedak tabur merupakan sebuah sarana terbaik untuk menghadirkan tata rias wajah yang lebih merona. Namun khusus untuk wajah berminyak, harus dipastikan jika bedak tabur yang akan digunakan tersebut memiliki tekstur yang ringan.
Meski kadangkala hasil sapuannya kurang begitu bagus tetapi bisa lebih lama menempel pada kulit berminyak tanpa memunculkan kesan norak. Jangan memakai bedak jenis two way cake untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada pori-pori.
Bedak tabur merupakan tata rias yang hukumnya wajib untuk wajah berminyak. Kosmetik ini memiliki kemampuan tinggi menyerap kandungan minyak pada kulit, sehingga kulit di muka tidak akan terlihat terlalu mengkilap. Sedangkan bedak yang bentuknya padat justru memiliki kandungan minyak tinggi dan sering membuat wajah makin terlihat berlepotan.

4. Pemilihan blush

Penggunaan blush merupakan suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan dalam teknik make up primer untuk kulit berminyak karena mampu menghadirkan rona ceria dan segar di wajah. Utamakan blush yang punya tekstur powder atau bubuk agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Hindari pemakaian blush cair atau cream karena bisa membuat kulit wajah makin berminyak.
Blush on yang bentuknya berupa bubuk atau powder merupakan pilihan terbaik untuk wajah berminyak. Teksturnya mampu menghadirkan hasil tata rias wajah yang lebih natural. Untuk aplikasinya, pilih yang warnanya satu tingkat lebih terang dibanding warna kulit dan gunakan kuas untuk mendapatkan hasil yang semakin sempurna.

5. Pemilihan produk komestik

Sebagai tips terakhir, selalu pilih produk kosmetik yang memiliki kandungan SPF yang tidak lain merupakan singkatan Sun Protector Facktor. Makin tinggi kandungan SPF-nya, semakin besar pula tingkat perlindungan produk kosmetik tersebut terhadap kulit.
UV atau sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari sering memunculkan dampak tidak baik pada kesehatan kulit. Jadi jika ingin mendapat hasil sempurna sekaligus sehat dari make up primer untuk kulit berminyak, jangan sampai lupa memilih produk alat kecantikan dengan kandungan SPF tinggi.