Pilih Emas Batangan atau Perhiasan, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Selain dijadikan perhiasan, emas juga baik dipakai sebagai sarana investasi. Harganya yang cenderung selalu naik bisa memberikan keuntungan lumayan besar bagi sahabat Hartono Mall Solo saat melakukan kegiatan ini.

Tetapi sebelum melangkah ada baiknya mengetahui lebih dahulu segala kelebihan dan kekurangan beserta perbedaan lainnya antara emas batangan dan perhiasan. Terutama ketika dijadikan instrumen investasi atau tabungan.

Emas batangan

Dibanding yang bentuknya perhiasan, emas batangan lebih sering dipilih masyarakat untuk berinvestasi. Apalagi bagi mereka yang ingin investasi jangka panjang. Tingkat kemurniannya yang lebih terjamin menjadi alasan paling utama.

Saat membeli emas batangan, sahabat Hartono Mall Solo akan mendapatkan sertifikat yang berisi informasi jaminan keaslian, berat dan kadar emas yang terkandung dalam logam mulia tersebut. Hal ini pastinya akan membuat para investor jadi merasa lebih nyaman dan aman saat mengeluarkan anggaran investasi.

Selain itu ketika dijual kembali, tidak akan terkena potongan apapun dan banyak yang tertarik untuk membelinya. Bukan itu saja, harga emas batangan selalu menyesuaikan dengan harga yang berlaku pada saat itu. Jikapun ada selisih, jumlahnya tidak terlalu besar dan proses penjualannya juga lebih mudah dilakukan.

Hanya saja pada sisi yang lain, sahabat Hartono Mall Solo tidak dapat memakainya untuk menghadiri suatu acara misalnya pesta dan lainnya. Emas batangan hanya bisa disimpan saja.

Emas perhiasan

Hampir semua orang terutama kaum wanita pasti sangat menyukai perhiasan. Hal ini menjadi alasan lain mengapa ada sebagian masyarakat yang lebih tertarik menabung emas dalam bentuk perhiasan. Alasannya tidak lain adalah karena dapat dipakai untuk bergaya dan mempercantik penampilan sekaligus menaikan gengsi sosial.

Bukan itu saja, perhiasan emas juga sangat mudah ditemukan di berbagai toko dengan gaya desain yang beraneka ragam. Beda dengan emas batangan yang hanya bisa dibeli di tempat-tempat tertentu saja. Bentuknya juga sangat banyak seperti kalung, gelang, anting, bros dan masih banyak lagi.

Meski demikian jika dijadikan sarana investasi emas batangan mempunyai kelemahan dan kekurangan yang cukup besar. Pertama saat membeli, sahabat Hartono Mall Solo dikenai biaya tambahan dan ongkos pembuatan dengan jumlah yang tak sedikit sesuai demgam tingkat kesulitan pembuatannya. Nilainya antara 10% hingga 20% dari harga perhiasan tersebut.

Kemudian ketika dijual kembali, harganya jadi lebih murah dan dikenakan potongan biaya yang tidak sedikit. Sehingga nilai keuntungannya tidak terlalu besar dibanding emas batangan. Bahkan ada kemungkinan terjadi kerugian jika harga di pasar sedang turun.

Menentukan tujuan investasi

Melalui penjelasan di atas, sahabat Hartono Mall Solo pasti jadi lebih mudah dalam membuat keputusan. Emas perhiasan tetap dapat dijadikan investasi namun sebaiknya dijadikan investasi jangka panjang saja. Sedangkan emas batangan, merupakan sarana terbaik investasi jangka menengah maupun panjang.



LEAVE A COMMENT