PERAYAAN ISRA MI’RAJ DI SOLO DARI TAHUN KE TAHUN

Isra Mi’raj seperti yang kita tahu merupakan perayaan hari besar umat Islam, untuk memperingti perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem,  dilanjutkan dengan perjalanan menuju langit ke-7.

Di kota Solo, perayaan Isra Mi’raj selalu digelar dari tahun ke tahun dengan sangat meriah. Sebelum menuju ke perayaan Isra Mi’raj 2018, intip yuk perayaan Isra Mi’raj di Solo dari tahun ke tahun :

Festival Hadrah 2017

Dalam rangka memperingati Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada tahun 2017 lalu,  umat Islam Solo melaksanakan ” Festival Hadrah tahun 2017″. Pelaksanaan pada hari Senin tanggal 24 April 2017 pukul 14.00 s/d 17.30 WIB di lapangan Kota Barat Kel.Mangkubumen Kec.Banjarsari Kota Surakarta. Acara dimulai dari Lapangan kota Barat dan berakhir di lapangan Sriwedari Kel. Sriwedari Laweyan Kota Surakarta. Pemberangkatan pertama oleh FX. Hadi Rudiyatmo Walikota Surakarta dengan Ketua panitia Samahin dan di ikuti sebanyak 118 grup Hadrah.

Peserta diikuti oleh Al Kahfi Sukoharjo, AR Rahman Sambi Boyolali, Muslimat Nu Colomadu, Sriwedari Hadrah Grup, Murilah Safaah Gandekan, Hadrah Tegalharjo, Al Mubarokah Gilingan, Al Mubarokah Jayengan, Al Zalzalah Kepatihan Kulon, Arloji kerten, Hadrah Jamuro, An Ni’ mah Kemalayan, Azzayadi, Syifauk Qolbi Sewu Beriman, AL Asyikin Maryam, SMPN 26 Ska, Ponpes Al Mansyut Popongan Klaten, Darussalam Sukoharjo.

Kirab Hadrah 2016

Kirab Hadrah dimulai sejak pukul 18.30 WIB, menelusuri Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo di Jalan Jenderal Sudirman. Setiap kelompok menampilkan berbagai keterampilan melantunkan salawat diiringi musik rebana.

Iring-iringan pawai Hadrah ini diawali dengan marching band. Di belakangnya diikuti barisan Dalmas Polresta sambil membawa bendera merah putih, kemudian barisan belakang pembawa lambang negara Pancasila. Prajurit Kraton Kasunanan Surakarta pun tak mau ketinggalan. Dengan membawa panji-panji Keraton Kasunanan, para prajurit ini berjalan di barisan belakangnya.

Festival Parade Hadrah 2014

Festival Parade Hadrah di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, Selasa malam, 27 Mei 2014. Acara tersebut, diikuti sekitar 7.000 peserta dari berbagai kelompok hadrah dan rebana yang berasal dari daerah yang ada di wilayah Surakarta.

Festival Parade Hadrah dimulai sekitar pukul 19.30 WIB. Ribuan peserta itu dilepas dari depan rumas dinas Walikota Solo, Loji Gandrung. Iring-iringan kelompok hadrah itu menyusuri sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Sudirman Solo. Rombongan tersebut akan finish tepat didepan halaman Balaikota Solo.

Festival Hadrah 2013

Di tahun 2013, masyarakat Solo merayakan Isra Mi’raj dengan Festival Hadrah Kamis. Dengan melantunkan salawat dan long march di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Aksi tersebut juga diikuti iring-iringan kereta kencana dan pawai kendaraan. Festival Hadrah itu sengaja digelar untuk menunjukkan nilai luhur agama Islam, yang tidak bertentangan dengan seni dan budaya.

Sejak pagi, tak kurang dari 9 ribu umat Islam se-Surakarta menggelar berbagai kegiatan kesenian Hadrah untuk merayakan peringatan Isra Mi’raj. Acara yang digelar Majelis Jamuro, Jamaah Muji Rosul se-Solo Raya, diikuti para peserta yang terdiri atas 200 kelompok Hadrah dan rebana se-Solo Raya. Mereka lalu berkumpul di lapangan Kota Barat Solo.

Selanjutnya, dilakukan kirab sejauh 5 kilometer mulai dari lapangan Kota Barat melintasi jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo. Dalam kirab Hadrah itu, setiap kelompok menampilkan berbagai ketrampilan melantunkan salawat yang diiringi musik rebana.

Dari tahun ke tahun perayaan Isra Mi’raj di Kota Solo digelar dengan festival Hadrah, dengan konsep acara yang sama yaitu berkeliling kota Solo dengan iringan Hadrah dan diikuti oleh ribuan peserta.