Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora

Blora, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Jati dan Sate ini ternyata punya beragam kuliner khas. Salah satu yang cukup digemari wisatawan lokal saat berkunjung ke Blora, yaitu Soto Klethuk.

Soto klethuk khas Kota Blora sangat enak dan sedap. Secara garis besar, soto klethuk tak jauh berbeda dari soto pada umumnya. Kuahnya bening tanpa santan seperti soto Semarang, juga ada tambahan telur layaknya soto Lamongan. Dinamakan soto klethuk karena bahan pelengkapnya terbuat dari ketela yang dipotong dadu kecil-kecil lalu digoreng. Ketika dimakan bunyinya klethuk-klethuk.

Soto ini paling enak disajikan panas. Benar-benar segar dan nikmat disantap bersama lauk lain. Seperti kerupuk, tempe goreng, bakwan jagung, perkedel, tahu, ati ampela, atau satai telur puyuh.

Bagi kalian yang ingin membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahannya pun cukup gampang. Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu ayam kampung, air, jahe, kaldu ayam, serai, bumbu dapur, serta beberapa bumbu halus.

Cara membuatnya yaitu direbus ayam, air, serai, daun jeruk, daun salam, dan jahe sampai ayam matang. Angkat ayam, goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir kemudian sisihkan.

Ukur 1.600 ml kaldunya, panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Tuang ke rebusan air kaldu, masukkan garam, gula pasir, dan kaldu ayam. Masak sampai mendidih dan siap disajikan.

Soto klethuk asli Blora ini bisa disajikan menjadi enam porsi dalam sekali masak. Jika kalian menginginkan porsi yang berbeda tinggal menambah atau mengurangi jumlah takaran bahan.

Di Blora, salah satu warung soto klethuk yang tidak pernah sepi yaitu soto klethuk Pak Galo. Soto kletuk Pak Galo terletak di Jalan Gunung Sindoro yang bersimpangan dengan Jl Pemuda Blora.

Kalian bisa menikmati soto klethuk dengan harga Rp 10 ribu per porsi. Soto biasanya disajikan bersama nasi, telur rebus, ayam suwir, dan toge. Selamat mencoba dan menikmati soto klethuk Blora.



LEAVE A COMMENT