lomba-pakaian-adat

MENGENAL KEBUDAYAAN INDONESIA LEWAT LOMBA PAKAIAN ADAT DI HARTONO MALL SOLO

Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2017, kini giliran anak-anak dari KB-TK Kanisius Purbayan Surakarta yang menggelar acara lomba pakaian adat. Tidak hanya untuk memperingati Hari Kartini saja, acara ini juga untuk mengenalkan kepada anak-anak siapa sosok Kartini.

Selain itu anak-anak juga diajarkan untuk mengenal berbagai kebudayaan di Indonesia. Maka dari itu kostum yang dipakai anak-anak untuk acara hari ini adalah kostum nusantara dari berbagai daerah.

Rangkaian kegiatan acara yang diadakan pada hari ini meliputi lomba peragaan pakaian adat yang diikuti oleh seluruh anak-anak KB-TK Kanisius Purbayan Surakarta dan juga lomba peragaan pakaian adat pasangan anak dan orang tua. Dengan jumlah total peserta kurang lebih 116 anak dan 30 pasang anak dan orang tua. Dengan 3 dewan juri yang masing-masing merupakan orang yang berkompeten dibidangnya.

Untuk penilaian perlombaan dilihat berdasarkan dari penguasaan panggung seperti cara bergaya dan berekspresi di depan dewan juri. Cara berjalan pun menjadi poin plus untuk peserta. Kemudian penilaian untuk make up peserta seperti make up yang tidak berlebihan dan cocok untuk anak seusianya. Dan terakhir yang dinilai adalah kostum yang dipakai sesuai dengan karakter anak.

Pemenang perlombaan diambil sebanyak 10 juara untuk kategori anak-anak dari total 116 peserta. Sedangkan pemenang perlombaan untuk kategori pasangan anak dan orang tua diambil sebanyak 9 juara dari total 30 peserta.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan anak-anak dapat melatih mentalnya terutama di depan publik. Dan juga anak-anak lebih mencintai budaya Indonesia.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT