Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Masalah pada rambut yang sering kali dialami banyak orang adalah rambut rontok. Apalagi bagi para wanita yang memiliki rambut lebat dan panjang, perlu ekstra perawatan yang benar agar rambut tidak rontok. Biasanya ketika lagi menyisir rambut, akan banyak rambut yang berguguran. Itu sangat menyebalkan.

 

Bagi wanita, rambut ini sangat memengaruhi tingkat percaya dirinya. Biasanya masalah rambut rontok ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti menggunakan shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala, sering mengikat rambut, menggunakan perawatan rambut yang berbahan kimia, dll.

 

Masalah seperti itu sebenarnya bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang sering kita temui di sekitar rumah. Beberapa yang bisa digunakan adalah :

 

  1. Kemiri

Kemiri ini sudah banyak diyakini orang kalau memiliki efek positif untuk rambut. Bahkan dulu, anak kecil yang baru dicukur habis rambutnya pasti akan diberikan minyak kemiri oleh orang tuanya agar rambut bisa tumbuh bagus.

 

Tapi ini memang benar, bukan mitos. Kemiri memag memiliki kandungan yang bagus untuk rambut. Coba saja buat minyak kemiri, caranya dengan menumpuk beberapa kemiri hingga halus dan muncul minyak. Kemudian jika sudah halus, oles ke bagian akar rambut. Diamkan beberapa menit kemudian cuci dan bilas.

 

Gunakan cara ini secara rutin dan rasakan efek positifnya. Rambut rontok pun akan berkurang.

 

  1. Aloe Vera

Selain kemiri, bahan alami yang sangat terkenal ampuh untuk mengatasi masalah rambut adalah Aloe Vera atau Lidah Buaya. Aloe Vera ini selain baik untuk rambut juga terkenal untuk memberikan nutrisi yang bagus untuk kulit.

 

Tak heran sekarang banyak muncul produk kosmetik yang berbahan dasar Aloe Vera.

 

Dengan Aloe Vera, juga bisa menyuburkan rambut dan memberikan kelembaban yang bagus untuk rambut. Cara mudah, ambil lendir dari Aloe Vera kemudian usapkan ke bagian akar rambut. Diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lalu kan secara rutin.

 

  1. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga memiliki kandungan yang baik untuk rambut. Kandungan nutrisi yang ada di bawang putih mampu menguatkan akar rambut. Sehingga rambut tidak mudah rontok.

 

Meskipun bawang putih memiliki bau yang khas, tetapi dengan menggosokkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke area pangkal rambut, akan berdampak positif pada kesehatan rambut.

 

Cobalah secara rutin, saat malam hari.

 

  1. Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk rambut. Caranya cukup seduh teh hijau dan diamkan hingga dingin. Kalau sudah dingin, gunakan untuk membilas rambut. Lakukan secara rutin.

 

Teh hijau ini memiliki kandungan yang bisa membantu kulit rambut tetap lembab dan memberikan nutrisi ke rambut.

 

Itu beberapa bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Tapi jika sudah mencoba rutin dan tidak ada efeknya, sebaiknya konsultasikan ke ahlinya. Atau bisa mencoba melakukan perawatan rambut di tempat yang profesional.