Menentukan Waktu Terbaik Untuk Menyantap Makanan

Pasti diantara kalian banyak yang belum mengetahui bahwa kegiatan makan itu harus dijadwalkan sebaik mungkin. Baik itu makan pagi dan makan siang hingga makan malam, waktunya perlu diatur. Sehingga sistem pencernaan dan metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar dan nutrisi yang masuk juga terserap dengan optimal.

Makan pagi atau sarapan

Waktu terbaik untuk menyantap sarapan atau makan pagi adalah antara jam 07:00 hingga 08:00. Tujuannya agar tubuh punya waktu yang mencukupi untuk memproses makanan tersebut selama beberapa jam. Selain itu juga membantu organ pencernaan untuk istirahat sebelum bertugas lagi saat jam makan siang telah tiba.

Lagi bagaimana jadinya jika ada yang terlambat dan baru bisa bangun pada jam 08:00 atau diatasnya?. Dalam kondisi seperti ini kalian harus tetap berusaha agar bisa makan pagi paling tidak sebelum waktu menunjukan pukul 10:00.

Apabila kegiatan makan dilakukan setelah jam tersebut, namanya adalah brunch, yaitu gabungan antara sarapan dan makan siang. Jika hal ini terjadi, usai makan tidak boleh makan lagi dan harus dapat menahan lapar hingga pukul 15:00. Ketika rasa lapar tetap muncul, usahakan hanya menyantap camilan atau makanan ringan saja.

Masih terkait dengan kegiatan makan pagi, terdapat aturan dasar lain yang harus dapat kalian tepati. Usai bangun tidur, jangan langsung menyantap makanan. Cukup minum segelas air putih hangat saja, lalu lakukan beberapa kegiatan ringan selama 30 menit. Selanjutnya acara sarapan baru boleh dilakukan.

Makan siang

Kemudian untuk jadwal makan siang, waktu terbaiknya sekitar pukul 12:30 hingga 14:00 dan yang paling bagus adalah jam 13:00. Apabila kalian terlambat apalagi jika sampai jam 16:00 tidak sempat makan, akan berdampak terhadap organ pencernaan. Selain itu tubuh akan menjadi lemas dan mudah ngantuk.

Pada sisi yang lain kalian juga perlu memperhitungan, jarak terbaik antara makan pagi dan makan siang yaitu sekitar 4 jam. Jangan melebihi batas waktu tersebut atau justru sebaliknya lebih cepat dari pengaturan jadwal yang ditentukan.

Makan malam

Terakhir untuk makan malam, menurut ahli kesehatan waktu terbaiknya adalah sekitar pukul 18:30. Akan tetapi jika kalian belum sempat melakukan kegiatan ini pada jam tersebut, usahakan agar tidak lebih dari jam 21:00 dan paling telat jam 22:00.

Lebih dari waktu tersebut, akan memunculkan resiko berat badan mudah mengalami kenaikan atau tubuh jadi gemuk. Selain itu kalian usahakan pula bahwa santap malam ini sudah selesai dilakukan minimal sekitar 3 jam sebelum berangkat tidur. Jadi ketika tubuh sedang istirahat, tidak terbebani lagi oleh proses pencernaan.

Untuk menunya, pasti adakalanya kalian merasa bosan dengan masakan sendiri. Agar terhindar dari rasa bosan terebut, dapat datang ke Hartono Mall. Di sana banyak sekali gerai makanan di food court. Tinggal pilih mana yang disukai dan ingin disantap.



LEAVE A COMMENT