Mencari Titik Fokus dengan Membaca Cepat

Pada dasarnya membaca cepat merupakan bagian dari kegiatan membaca. Jadi membaca cepat adalah kemampuan membaca dengan fokus pada tujuan membaca itu sendiri. Sedangkan kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam memilih isi bacaan yang sesuai atau relevan dengan kebutuhan si pembaca tanpa harus membuang waktu.
Teknik membaca cepat ada dua. Pertama, Scanning yaitu membaca cepat dengan cara memindai. Kalian cukup menggerakkan mata dengan cepat di setiap lembar halaman bacaan. Ketika melakukan teknik ini, pastikan anda melihat atau memperhatikan tata tulis dalam bacaan seperti penomoran, langkah-langkah, kata yang dicetak miring atau tebal, ukuran huruf dan lain sebagainya. Ini perlu kamu lakukan karena faktanya banyak penulis yang meletakkan ide pokoknya dengan cara tadi.
Kedua adalah Skimming. Teknik yang satu ini merupakan teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok atau gagasan sebuah bacaan. Dalam mengaplikasikan atau menggunakan teknik ini, kalian tidak harus membaca keseluruhan bacaan seperti saat membaca dengan normal. Tapi, cukup membaca bacaan yang berisi gagasan pokok.
Nah, kalian bisa mulai mempraktikannya. Contohnya, dengan membaca buku Kisah Tanah jawa: jagat lelembut. Di sini, admin mencoba mempraktekkan membaca cepat teknik skimming dan mendapat simpulan bahwa Jagat lelembut atau dunia para makhluk halus, sampai saat ini masih mendapatkan image mengerikan di mata banyak orang. Sosok-sosok di dalamnya selalu digambarkan seram seperti halnya yang sering kita lihat di layar televisi. Belum lagi bumbu-bumbu yang sengaja dibuat dengan tujuan menakuti. Namun demikian, kita justru makin penasaran dengan keberadaan dunia “mereka”.
Seperti apa sosok dan cerita para lelembut yang sebenarnya? Penasaran, kan? Langsung aja beli bukunya di Gramedia Hartono Mall Solo Baru.