Malas Baca Buku? Coba deh Pakai Cara Ini

Kamu pernah merasa jengah dan malas waktu baca buku-buku tebal? Adanya kamu buang-buang waktu dan kamu nggak paham dengan intisari buku yang kamu baca. Sebenarnya ada solusi yang simpel buat mengatasi masalah ini. Apa aja solusinya? Yuk cek dibawah ini!

Rileks

Sebelum membaca buku, pastikan tubuh dan pikiranmu rileks agar saat membaca lebih nyaman dan tanpa tekanan. Selain itu kamu harus mensugesti dirimu sendiri bahwa buku tebal yang akan dibaca itu menarik dan menyenangkan.

Tentukan Tujuan

Kamu perlu menentukan informasi yang kamu inginkan di dalam buku agar lebih efektif dan nggak buang-buang waktu. Misalnya melihat daftar isi dan mencari topik yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Setelah menemukannya, langsung fokus pada halaman-halaman yang berisi informasi yang kamu butuhkan.

Membaca Per Kalimat

Agar membaca lebih efektif dan cepat, jangan membaca per kata. Soalnya cara tersebut bisa bikin kamu lama saat membaca dan nggak fokus. Sebaiknya bacalah per kalimat biar lebih cepat dan efektif. Fokus pada kata ketiga dan keempat sehingga kata yang kamu baca bisa mencakup lebih banyak. Lalu cari kata kunci pada setiap kalimat yang sudah kamu baca.

Gunakan Telunjuk

Biasanya buku tebal pakai font kecil yang bikin kamu pusing membacanya. Nah, buat mengatasi masalah ini manfaatkan telunjukmu sebagai pointer agar lebih fokus dan barisnya tidak terlewat.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Saat Membaca

Kamu masih sering bersuara, bergumam, menggerakan anggota tubuh dan mengulang-ngulang kata saat membaca? Mulai sekarang, tinggalkanlah kebiasaan buruk tersebut. Karena kebiasaan-kebiasaan itu bisa memecah konsentrasimu.

Fokus Dengan Hal yang Menarik

Kalau sudah menemukan topik yang menarik, itu pertanda kamu harus explore lebih dalam. Topik yang menarik itu membuatmu ingat mengenai informasi yang kamu dapatkan dari buku. Kamu bisa lebih menikmati baca buku ketika membaca topik yang menarik.

Beri Tanda Pada Ide Utama

Biar nggak lupa sama ide utama dalam buku, beri tanda dengan pensil atau stabilo. Biasanya ide utama bisa kamu temukan di awal atau akhir paragraf. Ide utama ini bisa jadi jembatan ke paragraf selanjutnya. Dengan cara ini membaca buku yang tebal jadi mudah.

Sekarang baca buku setebal apapun nggak masalah buatmu. Sering-sering yuk main ke toko buku Gramedia Hartono Lifestyle Mall Solo Baru biar update buku terbaru. Mumpung ada Fun and Food Festival kamu bisa berkesempatan mendapatkan hadiah undian menarik. Caranya melakukan transaksi minimal transaksi Rp 50.000 (berlaku kelipatan) aja. Kalau menggunakan Kartu BRI Kredit/Debet/Brizzi dapat 3 kali peluang untuk memenangkan hadiahnya!



RELATED POSTS