MAKNA LAMPION SAAT PERAYAAN IMLEK

Salah satu hari raya yang dinantikan oleh warga keturunan Tionghoa adalah hari raya Imlek. Dalam setiap tahun baru Cina atau Imlek terdapat berbagai hal yang menjadi ciri khas imlek baik itu berupa pernak-pernik maupun ritual tertentu. Pernak-pernik yang identik dengan perayaan imlek diantaranya yaitu adanya barongsai, dan lampion yang dipasang di sepanjang jalan, pelataran rumah dan kelenteng agar memberikan kesan yang meriah dan indah selama perayaan tahun baru Imlek tersebut.

Dalam bahasa mandarin, lampion dikenal dengan sebutan dēng lóng atau dēng cǎi yang diperkirakan berasal dari masa 1800 tahun yang lalu, yaitu masa Dinasti Han Barat. Lampion merupakan gabungan dari seni lukis, hiasan gunting kertas, origami, sulaman, yang mengunakan bahan bambu, kayu, rotan, batang gandum, tanduk hewan, bahan logam, dan sutera. Menurut sejarah, tradisi memasang lampion diperkirakan sudah ada di daratan Cina sejak era Dinasti Xi Han, sekitar abad ke-3 masehi. Pada saat itu, munculnya lampion hampir bersamaan dengan dikenalnya teknik pembuatan kertas. Lampion pada masa-masa awal memang diduga telah menggunakan bahan kertas, selain juga kulit hewan dan kain. Lampion mulai diidentikkan sebagai simbol perayaan Tahun Baru dalam penanggalan Tionghoa pada masa Dinasti Ming.

Bagi masyarakat cina, pemasangan lampion memang memilik makna tersendiri. Lampion yang terbuat dari bahan ringan melambangkan bahwa pribadi yang rendah hati dan ringan dalam membantu orang lain, senantiasa dapat memudahkan jalan untuk menggapai puncak dari tujuan kehidupan dengan adanya respon sosial yang baik. Doa-doa terbaik akan secara ikhlas diucapkan oleh orang-orang tercinta. Warna merah dari lampion dijadikan sebagai simbol keberuntungan dan menghindarkan dari hal-hal tidak baik dalam menjalani hidup di tahun-tahun yang akan datang. Ketika lilin dalam lampion dinyalakan, maka akan muncul pancaran cahaya merah yang memiliki makna filosofis sebagai suatu harapan dan semangat yang selalu menyala. Sehingga nantinya dengan berusaha, berdoa, dan berharap yang terbaik kepada Tuhan maka akan diberikan kebahagiaan dan keberuntungan yang akan selalu mengiringi setiap langkah saat menjalani kehidupan.
Ternyata dibalik keindahan lampion terdapat berbagai filosofi yang baik ya. Selain itu seiring dengan perkembangan zaman, bentuk lampion yang dahulunya hanya berbentuk konvensional atau bulat saat ini sudah muncul pula bentuk lampion yang semakin bervariasi yang membuat perayaan Imlek menjadi semakin meriah. Gong Xi Fa Chai.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT