6 Makanan Untuk Menjaga Rambut Tetap Sehat

Siapa yang tidak mau punya rambut tebal dan berkilau,? Orang-orang biasanya khawatir dengan rambut yang rusak. Keadaan rambut yang rusak bisa menjadi tanda-tanda menurunnya kesehatan badan. Rambut rusak disebabkan oleh banyak hal.

Seperti halnya kulit, rambut membantu mengatur suhu tubuh dan menjaga agar kepala kita tetap hangat. Stress, masalah genetik, obat-obatan, dan masalah hormon juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Ternyata diet juga bisa mempengaruhi kesehatan, fungsi, dan penampilan rambut lho. Berikut ini adalah daftar makanan yang dapat memelihara atau menjaga kesehatan rambut.

Ikan

Ikan seperti salmon, sarden, kembung, ikan yang dikalengkan, ikan yang diasap, bandeng, dan belut adalah ikan yang mempunyai  protein, asam lemak esensial (EFA), omega-3 dan omega-6 yang tinggi. Asam lemaknya yang tinggi sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku, menurut University of Maryland Medical Center. Asam lemak membantu mendorong pertumbuhan kulit dan rambut, menjaga kesehatan tulang, mengatur metabolisme dan memelihara sistem reproduksi. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak ikan ini juga dapat membantu memperbaiki rambut yang kusam, kulit kepala yang kering, dan membuat rambut berkilau dan bersinar. Tetapi untuk wanita hamil dan menyusui perlu berkonsultasi dengan dokter apakah ikan-ikan tersebut bisa dikonsumsi aman karena ikan-ikan tertentu mengandung merkuri dan racun lainnya.

Biji-Bijian

Biji-bijian mengandung protein dan asam lemak yang baik untuk rambut. Konsumsi  macam-macam biji seperti biji wijen hitam, biji bunga matahari, dan labu. Taburkan di salad, nasi, yoghurt, oatmeal, dan sereal atau campurkan di pancake, roti, dan trail mix (campuran buah-buah kering dan kacang-kacangan untuk makanan ringan).

Sayuran Berwarna Hijau Tua

Kebanyakan sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli, kubis, dan bayam mengandung vitamin A dan zat besi. Vitamin A membantu produksi minyak dikepala yang membuat rambut berkilau dan elastis. Sayuran berwarna hijau tua juga mengandung zat besi dan kalsium yang penting untuk kesehatan rambut.

Telur

Akhir-akhir ini sudah ada banyak berita tentang biotin – nutrisi yang ditemukan dalam kuning telur. Studi terbaru menunjukkan bahwa biotin bekerja untuk melindungi folikel rambut dan batang yang mencegah kerusakan rambut dan menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber terbaik dari asam lemak, – terutama kacang-kacangan dari Brazil, seperti kacang mete, almond dan kenari yang mengandung mineral seperti selenium dan zat besi, yang penting dalam pertumbuhan rambut, terutama kulit kepala. Kenari sangat bagus karena mengandung omega-3 dan asam lemak yang tinggi.

Rumput Laut

Rumput laut mengandung asam lemak yang penting untuk kesehatan rambut. Alginat dalam rumput laut juga efektif dalam proses detoksifikasi tubuh kita, menghilangkan zat-zat yang dapat mengganggu pertumbuhan sel-sel, terutama sel-sel pertumbuhan rambut. Cara sederhana untuk mengkonsumsi rumput laut dengan menambahkannya ke beras, sup dan salad.



LEAVE A COMMENT