Makanan dan Minuman Ini Bagus Untuk Mengurangi Resiko Asam Urat

Kadar asam urat terlalu tinggi sering menimbulkan gangguan kesehatan. Penyebabnya antara lain, tubuh tidak dapat menjalankan proses pengeluaran limbah secara normal. Setelah itu akan terbentuk kristal-kristal di area sendi dan inilah yang disebut sebagai asam urat.

Jika kalian mengalami hal seperti ini, sebaiknya harus waspada dalam mengatur pola makan dan minum. Meski demikian juga tidak perlu terlalu khawatir, karena terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang sangat mujarab untuk mengurangi resiko asam urat.

Makanan berserat

Bahan makanan yang kaya kandungan serat punya manfaat tinggi untuk mengurangi kadar asam urat di tubuh. Kandungan ini bisa kalian temukan pada biji-bijian, sayuran labu dan oat. Daun seledri juga punya kandungan yang sama sehingga dapat dicampur dalam masakan.

Vitamin C

Demikian pula dengan bahan lain yang megandung vitamin C, manfaatnya juga tidak jauh berbeda. Banyak penelitian yang membuktikan, apabila tubuh mendapat asupan vitamin C minimal 500 mg setiap hari, kadar asam urat dalam tubuh dapat turun lebih cepat.

Beberapa jenis sayur yang kandungan vitamin C-nya tergolong tinggi antara lain sawi, bayam, paprika kuning dan brokoli. Sedangkan buahnya, kalian dapat memilih tomat, kesemek, leci, stroberi, pepaya, mangga, anggur dan sebagainya.

Cokelat hitam

Theobromine merupakan alkaloid yang strukturnya punya kemiripan dengan kafein dan bisa kalian jumpai dalam biji kakao. Jika diolah menjadi cokelat hitam, biji kakao tersebut mampu menghasilkan konten sangat tinggi. Sehingga kemampuannya dalam mengurangi kadar asam urat juga akan meningkat.

Teh hijau

Salah satu jenis bahan minuman yang kaya kandungan katekin tinggi adalah teh hijau. Katekin yang bersifat antioksidan diyakini oleh para ahli kesehatan bisa dipakai untuk mendorong tubuh agar memperlambat proses produksi beberapa jenis enzim.

Enzim yang dimaksud adalah enzim yang berhubungan erat dengan pemunculan asam urat. Jadi kesimpulannya, teh hijau merupakan minuman yang dapat kalian konsumsi ketika kadar asam urat dalam tubuh sedang mengalami kenaikan.

Air putih

Air putih merupakan minuman yang kemampuannya dalam membersihkan tubuh dari berbagai jenis racun tidak perlu diragukan lagi. Selain itu yang lebih penting lagi, air putih juga mampu membantu tubuh mengurangi kadar asam urat melalui buangan sisa metabolisme atau ekskresi.

Untuk itu, kalian sangat disarankan minum air putih tiap hari paling sedikit sebanyak 10 hingga 12 gelas atau sekitar 3 liter. Mungkin ada yang merasa terlalu berat, namun hal ini dapat dilakukan melalui cara lain. Kebutuhan cairan tersebut tidak harus selalu berupa air putih dan kalian bisa memperolehnya dari jus buah atau sayur.

Semua kebutuhan bahan makanan dan minuman untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh ini mudah sekali ditemukan. Kalian tinggal pergi ke Hartono mall, lalu masuk ke gerai sayur dan buah dan gerai lainnya.



LEAVE A COMMENT