LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAHt

LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAH

Menjelang hari raya Idul Adha, bumbu-bumbu masakan daging kambing sudah mulai banyak dijual. Sate, gulai, tongseng dan rendang, adalah menu wajib disaat lebaran qurban. Selain menu-menu tersebut, ternyata beberapa daerah memiliki makanan khas Idul Adha mereka sendiri. Menu khas Idul Adha ini, bisa jadi inspirasi buat kamu yang bosan dengan menu yang itu-itu aja.

Kari Kambing.

LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAH

Negeri Serambi Mekkah, Aceh ternyata, memiliki makanan wajib yang disajikan saat Idul Adha. Kari Kambing memiliki citarasa yang sangat kuat dan khas dari Aceh. Sekilas, makanan ini mirip dengan gulai kambing. Kari Kambing terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah, dengan kuah kental.

Krengsengan Kambing.

LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAH2

Menu khas Jawa Timur ini memiliki tekstur yang mirip dengan semur daging. Krengsengan kambing dimasak dengan petis dan kecap manis sehingga berwarna coklat pekat. Campuran petis didalam bumbu masakan ini, memunculkan aroma yang khas. Rasa gurih dan manis dari krengsengan kambing ini, lebih nikmat ditemani nasi putih hangat atau ketupat.

Rabeg.

LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAH3

Daging kambing biasanya menjadi bahan utama dalam setiap masakan yang berbau kambing. Namun, Rabeg justru memakai isi perut atau jeroan kambing seperti babat, hati, usus dan lainnya. Rabeg sendiri sebenarnya adalah makanan khas Jazirah Arab yang dibawa ke Indonesia. Makanan ini kemudian, menjadi favorit warga Banten dan menjadi sajian khas Idul Adha di sana.

Kambing Bakar Balanga.

LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAH4

Kambing bakar balanga adalah, kuliner khas Gorontalo, yang mengadaptasi kuliner khas Jazirah Arab. Biasanya warga Gorontalo menyantapnya bersama nasi kebuli saat hari Idul Adha. Kuliner ini disebut kambing bakar balanga karena, daging kambing dimasak menggunakan balanga. Balanga adalah wadah yang terbuat dari tanah liat atau besi.

Empal Gentong.

LEZATNYA KULINER KHAS IDUL ADHA DARI BERBAGAI DAERAH5

Empal gentong adalah salah satu makanan khas Cirebon yang selalu ada saat Idul Adha. Makanan ini, mirip dengan gulai berkuah kuning namun lebih encer. Proses memasaknya sendiri memakai periuk yang terbuat dari tanah liat. Uniknya, empal gentong ini dimasak dengan cara tradisional, menggunakan kayu bakar dari pohon mangga selama 5 jam.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT