5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN

LEZATNYA 5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SIAP MENGGOYANG LIDAH

Kota Solo, selain memiliki banyak destinasi wisata dan budaya, juga memiliki bermacam oleh-oleh lezat. Berwisata ke Solo memang tak lengkap jika kamu tidak membawa oleh-oleh saat pulang ke daerah asal. Ini dia oleh-oleh khas kota Solo yang saying untuk dilewatkan.

Serabi.

5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN1

Meskipun makanan ini tidak bertahan lama, tetapi banyak wisatawan yang membelinya untuk oleh-oleh. Dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, makanan ini merupakan makanan favorit banyak orang. Selain rasanya yang gurih, harganya juga terjangkau. Salah satu pusat oleh-oleh Solo yang menjual makanan khas ini adalah Serabi Notosuman yang berada di Jalan M. Yamin 28 dan dijual dengan harga Rp. 2000 per-serabi.

Intip.

5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN3

Intip merupakan jenis makanan yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Solo. Dibuat dari kerak nasi yang melekat pada panci, kemudian kerak nasi itu dijemur di terik panas matahari, setelah kering, baru digoreng menggunakan minyak panas. Intip rasanya gurih, asin, dan renyah. Ada juga yang dituang dengan caramel gula jawa yang menambah rasa manis di intip. Intip dijual dengan harga antara Rp.5.000 – Rp.10.000.

Rambak Petis.

5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN2

Rambak petis adalah makanan khas Solo yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering. Rasanya gurih, apalagi jika dimakan bersama sambal petis yang akan terasa gurih dan pedas. Harga rambak petis sekitar Rp128.000 / kg untuk rambak tanpa petis dan Rp132.000 / kg untuk rambak dengan petis. Untuk kamu yang ingin membeli untuk oleh-oleh dengan jumlah kecil, tersedia juga rambak 50 gram dengan harga Rp6.400 dan ditambah Rp1.000 jika memakai petis.

Ampyang

5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN4

Ampyang atau disebut juga Gula Kacang ini merupakan salah satu oleh – oleh tradisional khas Solo. Dibuat dari kacang, gula merah, dan jahe, rasanya manis dan legit. Cita rasa dari ampyang sendiri adalah manis dan legit karena bersal dari campuran bahan – bahan tersebut. Ampyang dibuat dari gula jawa merah yang dilelehkan kemudian dicampur kacang tanah dan dicetak sesuai selera. Harga Ampyang sangat murah hanya sekitar Rp 4.000 – Rp 15.000, tergantung dari besar kecil ukurannya.

Roti Kecik.

5 OLEH –OLEH KHAS SOLO YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN5

Roti kecik merupakan jenis roti yang diolah dengan bahan tepung ketan. Roti kecik bisa bertahan lama dalam penyimpanan yang baik sehingga, sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Solo. Rasa Roti Kecik ini manis dan gurih. Ada berbagai macam harga Roti Kecik, tergantung dari besar kecilnya kemasan. Mulai dari berat 45 gram hingga yang terbesar 600 gram. Harganya mulai dari Rp 5.000 – Rp 57.000.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT