LEGIT NAN LEZATNYA TEMPE BENGUK KULINER TRADISIONAL WONOGIRI1

LEGIT NAN LEZATNYA TEMPE BENGUK KULINER TRADISIONAL WONOGIRI

Kuliner kerap kali menjadi ciri unik tersendiri bagi setiap kota yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain. Seperti di kota yang satu ini, jika kamu berkunjung ke Hartono Mall Solo Baru kamu  bisa mampir ke ke kota yang berada di sebelah selatan Hartono Mall Solo Baru ini. Ya, Wonogiri! Apabila kamu melancong ke kota Gaplek ini,  jangan lupa untuk mencicipi berbagai jajanan pasar yang lezat, Tempe Benguk salah satunya.

LEGIT NAN LEZATNYA TEMPE BENGUK KULINER TRADISIONAL WONOGIRI2

Tempe benguk adalah salah satu kuliner khas Wonogiri. Olahan ini dibuat dari kacang benguk atau kacang koro, jenis kacang-kacangan yang berukuran lebih besar dari kacang kedelai. Selain dibumbui bawang putih dan ketumbar lalu digoreng, tempe ini sering kali diolah dengan cara disengek. “Sengek” merupakan salah satu cara mengolah tempe benguk yang paling populer. Selain menggunakan berbagai rempah khas Nusantara, tambahan santan pada olahan ini menjadikan tempe benguk salah satu kuliner lezat khas Wonogiri,  yang masih mampu bersaing dengan kuliner modern.

Cara pembuatan kuliner tradisional ini pada dasarnya, hampir sama dengan pembuatan tempe tempe pada umumnya. Namun, kacang yang digunakan harus direndam dulu selama sekitar dua hari. Agar, bau apek  yang menempel pada biji benguk hilang. Sekaligus membuatnya menjadi lebih lunak. Setelah direbus sampai matang, biji benguk juga harus didinginkan terlebih dahulu, sebelum dicampur dengan ragi. Selanjutnya, tinggal dibungkus dengan daun, lalu tunggu hingga tempe ini benar-benar jadi.

LEGIT NAN LEZATNYA TEMPE BENGUK KULINER TRADISIONAL WONOGIRI3

Saat ini olahan legit nan lezat yang satu ini masih dapat diperoleh di berbagai pasar tradisional yang ada di Wonogiri. Tak perlu merogoh kocek dalam untuk dapat menikmati kuliner ini, hanya dengan seribu hingga dua ribu rupiah saja kamu sudah bisa mendapatkan seporsi tempe benguk sengek yang lezat dan legit. Satu porsi biasanya berisi tiga hingga empat potong tempe. Penasaran dengan kelezatannya? Yuk segera dicoba!

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT