KONSUMSI BEBERAPA MAKANAN BERIKUT INI AGAR TAK MUDAH SAKIT

Kesehatan, merupakan hal yang penting dan tidak dapat diabaikan. Memiliki tubuh yang bugar dan sehat tentu menjadi idaman setiap orang. Bahkan, banyak dari kita yang berusaha mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar secara instan dengan cara mengkonsumsi berbagai macam suplemen atau obat, agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, sebenarnya banyak bahan makanan alami yang sering dan mudah kita jumpai, mengandung banyak zat yang dapat menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah agar kita tak mudah sakit. Lalu apa saja kira-kira? Simak ulasan berikut.

  1. Buah dan Sayur .

Sayur dan buah memang sudah sejak lama dikenal kaya akan serat yang bermanfaat bagi tubuh, serta mengandung nutrisi yang sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh, seperti vitamin C dan bioflavenoid. Vitamin C sendiri berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi. Selain itu, buah dan sayur juga memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari, tentu akan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta melindungi sel tubuh dan memperkuat anti bodi.

  1. Ikan.

Nutrisi yang ada pada ikan, terutama omega-3 merupakan komponen penting dalam memperkuat sistem imun tubuh. Beberapa jenis ikan yang kaya akan lemak asam omega -3 antara lain salmon, tuna dan mackerel. Jenis-jenis ikan dengan asam lemak tak jenuh ini dapat meningkatkan aktivitas phagocytes atau sel darah putih yang memusnahkan bakteri jahat yang berada didalam tubuh. Mengkonsumsi ikan jenis ini sangatlah disarankan terutama oleh anak-anak karena kandungan omega-3 yang juga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

  1. Kacang-kacangan dan Biji-Bijian.

Bahan makanan yang satu ini kaya akan vitamin E yang berguna untuk membantu mendukung respon imunitas tubuh. Vitamin E juga menstimulasi produksi sel yang menyingkirkan bakteri dan sel kanker dalam tubu. Fungsi pembuluh darah-pun juga dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi kacang dan biji-bijian.

  1. Gandum.

Gandum merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan serat, protein dan anti-oksidan. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa, gandum utuh memiliki kemampuan hebat dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang apabila dikonsumsi secara rutin.

  1. Bawang Putih.

Bagi sebagian orang mengkonsumsi bawang putih merupakan sesuatu hal yang kurang menarik. Namun, dibalik baunya yang mengganggu, ternyata sudah banyak penelitian, yang menyebutkan bahwa bawang putih mampu meperlambat pengerasan arteri dan menurunkan tekanan darah. Konsentrasi zat allicin padat dari senyawa yang mengandung sulfur pada bawang putih dapat memperkuat sistem imun pada tubuh manusia.

 

Nah, gak perlu selalu mengkonsumsi suplemen jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan imunitas yang meningkat. Bahan- bahan makanan diatas dapat anda konsumsi dan menjadi pilihan untuk meningkatkan imunitas agar tak mudah sakit.