Kenali Sebelum Memberi, Tipe Penghutang yang Perlu Disayangi dan Dihindari

Sahabat Hartono Mall Solo pasti sangat senang ketika mempunyai teman yang banyak. Melalui persahabatan tersebut, dapat saling mememberi bantuan saat terkena masalah. Misalnya saat kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan, dapat meminjam lebih dulu.

Urusan pinjam meminjam uang memang merupakan hal yang sangat biasa terjadi di sebuah pergaulan. Meski demikian ada baiknya bertindak hati-hati sebelum mengasih hutangan pada teman sendiri. Alasannya adalah karena memang ada penghutang yang perlu disayangi atau dibantu dan sebaliknya, justru harus dihindari.

Senang bergaya

Salah satu tipe penghutang yang perlu sahabat Hartono Mall Solo hindari adalah yang suka bergaya. Biasanya penghutang semacam ini akan memunculkan wajah memelas dan menghiba-hiba saat minta hutangan. Tapi ketika berhasil mendapat bantuan, gaya hidupnya langsung terlihat wah dan mewah.

Penghutang yang memiliki karakter tersebut memang dapat tepat melunasi hutangnya. Hanya saja yang lebih sering terjadi adalah, pembayarannya lebih sering molor. Dia lebih mengutamakan gaya hidup kelas atas dibanding melaksanakan kewajibannya.

Suka pura-pura lupa

Lupa memang merupakan peristiwa alami dan sering dialami oleh banyak orang. Tapi jika sahabat Hartono Mall Solo memiliki teman yang mudah lupa sesudah meminjam uang, harus berani menunjukan sikap tegas. Apalagi saat diingatkan dan ditagih justru marah-marah. Bisa jadi dia benar-benar lupa, tapi tidak jarang hanya pura-pura saja.

Hutang belum lunas, ingin nambah lagi

Tipe penghutang berikutnya yang tak perlu diberi hati adalah saat hutang pertamanya belum lunas tetapi ingin nambah hutang lagi. Meski demikian ada baiknya melakukan pengecekan lebih dulu. Jika benar-benar memiliki kebutuhan mendesak, hutang boleh diberikan.

Apalagi jika dia bukan merupakan sosok yang pemalas dan selalu rajin dalam bekerja. Meski ada resiko hutang tersebut hangus tidak terbayar, tetapi setidaknya penghutang ini telah berusaha untuk melunasi. Jadi sahabat Hartono Mall Solo dapat menganggap tindakan tersebut sebagai sedekah.

Suka menghilang tanpa kabar

Jangan sekali-sekali memberi hutangan pada teman yang suka menghilang. Biasanya saat sedang butuh bantuan, dia akan datang dengan janji bahwa hutang tersebut akan dilunasi secepatnya. Namun begitu mendapat hutangan, dia langsung menghilang dan tidak pernah memberi kabar.

Lebih parah lagi jika tidak bisa dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya. Teman semacam ini harus dihindari dan tidak usah dikasih hati. Kemungkinan besar dia akan muncul lagi dengan membawa berjuta alasan agar hutangnya tidak ditagih.

Peminjam teladan

Peminjam teladan adalah orang yang meminta bantuan pinjaman uang, namun selalu berusaha melunasinya secepat mungkin. Bahkan tidak jarang berhasil lunas sebelum tanggal dan hari pelunasan. Selain itu apabila kondisinya sedang tidak terjepit dia tidak tertarik melakukan peminjaman.

Jika menjumpai teman seperti ini, sahabat Hartono Mall Solo tidak perlu sungkan atau ragu mengasih bantuan. Dia bukan tipe orang yang senang memanfaatkan kemurahan hati orang lain. Selain itu akan selalu berusaha membalas budi kebaikan penolongnya.



LEAVE A COMMENT