KEMERIAHAN BERBAGAI LOMBA DALAM MENYAMBUT HARI KARTINI DI KOTA SOLO

Setiap tahunnya, tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Hari lahirnya pahlawan emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini. Sebagai hari spesial yang diperingati, maka ada perayaan yang meniringinya.

Solo, menjadi kota yang kental akan budaya ikut juga dalam perayaan hari Kartini. Berikut ini adalah perayaan yang biasanya diadakan dalam manyambut hari Kartini di kota Solo :

Lomba Masak :

Perlombaan Kartini identik dengan ibu-ibu, maka dari itu lomba masak tidak pernah absen menjadi perlombaan andalam. Lomba masak diikuti oleh ibu-ibu, namun tidak jarang juga diikuti oleh para bapak-bapak. Untuk rasa masakan yang dihasilkan oleh bapak-bapak? Hmmm jangan tanya.

Fashion Show :

Fashion Show yang diadakan pasti bertemakan dengan hari Kartini. Perlombaan Fashion Show biasanya bertema “Kebaya” atau “Wanita Indonesia”. Perlombaan ini pun beragam pesertanya, ada yang untuk anak dewasa, anak-anak TK bahkan untuk para lansia.

Menari dan Menyanyi Anak SD :

Anak sekolah dasar juga tidak mau ketinggalan merayakan hari Kartini. Perlombaan disekolahpun diadakan seperti lomba manyanyi dan lomba menari antar SD.

Lomba Puisi dan Membaca Surat Kartini :

Lomba baca puisi juga menjadi salah satu perlombaan yang wajib di hari Kertini. Selain baca puisi juga ada perlombaan membaca surat-surat Kartini.

Lomba Menghias Tumpeng :

Tumpeng merupakan makanan khas yang berbentuk kerucut yang kemudian dihias dengan bahan makanan lainnya. Itu lah alasan mengapa lomba menghias tumpeng ini juga menjadi salah satu list perlombaan memperingati hari Kartini, karena menghias tumpeng memerlukan keahlian dan juga kesabaran.

Itulah beberapa perlombaan dalam manyambut hari Kartini di kota Solo, kamu sudah mempersiapkan apa saja untuk merayakan hari Kartini?