Kacamata Ini Bisa Menjaga Mata Dari Bahaya Sinar Ultraviolet

Indonesia merupakan surga dunia di khatulistiwa. Sinar matahari senantiasa menyinari sepanjang tahun, tidak seperti belahan dunia yang lain. Namun, jangan terlena dengan pancaran sinar matahari ini. Justru anda harus lebih waspada karena sinar matahari di Indonesia lebih tajam. Pastinya suasana panas terik dan menyilaukan sudah akrab di negeri ini.

Sinar matahari memiliki radiasi yang dikenal sebagai Ultraviolet (UV) A, UV B, dan UV C. Sinar UV C tidak berbahaya karena sinar radiasinya tidak mencapai bumi. Tetapi anda harus mewaspadai sinar UV A dan sinar UV B karena bisa mengganggu kesehatan mata anda.

Meskipun tingkat radiasinya rendah, jika terpapar sinar UV A dalam jangka panjang akan beresiko terkena katarak. Selain itu sinar UV A bisa merusak saraf pusat penglihatan mata dan makula yang merupakan bagian retina di belakang mata.

Sinar UV B lebih berbahaya dibanding sinar UV A karena radiasinya masih menembus lensa kacamata hitam abal-abal. Konon sinar UV B bisa masuk melalui lensa sintetis yang kurang berkualitas. Sehingga anda harus ekstra hati-hati.  Jika mata terpapar sinar UV B secara berlebihan maka akan menimbulkan degenerasi makular, pteygium atau pertumbuhan di lapisan bagian putih mana yang bisa menutupi bagian tengah kornea, dan juga menyebabkan corneal sunburn (photokeratitis).   Bahkan bisa menyebabkan kanker mata.

Dengan kondisi seperti itu anda harus mulai mengenakan kacamata  hitam agar mata anda selalu terjaga. Karena sinar UV ini bisa dipantulkan oleh berbagai media seperti air, pasir, dan permukaan cerah yang lain. Meski begitu, jangan asal pilih kacamata hitam. Sunglasses atau kacamata hitam yang baik harus memiliki lensa 100% UV protection. Cobalah anda mencari di Optik Seis lantai  Upper Ground Hartono Mall Solo Baru.