INTIP PERAYAAN ISRA MI’RAJ DI INDONESIA DAN BERBAGAI BELAHAN DUNIA LAINNYA

Tanggal 14 April 2018 merupakan perayaan Isra Mi’raj bagi umat Islam. Sekedar pengingat saja Isra Mi’raj merupakan perjalanan malam hari Rasulullah Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjidil Al Aqsa (Yerusalem-Palestina/Israel), kemudian dilanjutkan menuju langit ke Sidratul Muntaha dengan tujuan menerima wahyu Allah SWT.

Di Indonesia sendiri,  setiap daerah memiliki tradisi khusus untuk merayakan Isra Mi’raj begitu juga dengan negara luar seperti Amerika, Inggris dan Canada. Simak perayaan-perayaan Isra Mi’raj di berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara berikut ini :

Cirebon

Masyarakat Cirebon punya tradisi Isra Mi’raj yang jatuh pada tanggal 27 Rajab dalam Kalender Hijriah, yaitu Rajaban. Biasanya masyarakat Cirebon berbondong-bondong pergi berziarah ke Plangon, tempat dua makam penyebar ajaran agama Islam yakni Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

Selain itu, tradisi Rajaban juga biasa digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan biasanya menggelar pengajian untuk umum dan melakukan tradisi membagikan nasi bogana kepada warga keraton, kaum masjid, abdi dalem dan masyarakat Magersari. Nasi bogana itu terdiri dari kentang, telor ayam, tempe, tahu, parutan kelapa dan bumbu kuning yang dijadikan satu.

Bangka Belitung

Di Kampung Bukit, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung punya tradisi untuk menyambut hari Isra Mi’raj. Nama tradisi itu adalah Tradisi Nanggung. Nganggung adalah tradisi membawa makanan dari rumah masing-masing menggunakan dulang atau rantang.

Makanan yang dibawa biasanya berupa kue, buah-buahan atau nasi lengkap dengan lauk pauknya. Tradisi nganggung pada Isra Mi’raj biasanya tak hanya dilaksanakan warga Kampung Bukit, tetapi juga warga desa lain di Bangka Selatan.

Yogyakarta

Isra Mi’raj di Yogyakarta dirayakan dengan Rejeban Peksi Buraq, namanya. Dua Burung Buraq sebagai simbol kendaraan Nabi Muhammad yang terbuat dari kulit jeruk bali dibawa oleh abdi dalem Kaji Selusin dari Bangsal Kencana Kraton Yogyakarta menuju Serambi Masjid Gede Kauman. Burung Buraq itu bertengger di atas susunan gunungan buah yang terdiri dari beberapa macam buah seperti manggis, rambutan dan juga tebu. Nantinya, gunungan buah itu akan dibagikan kepada jamaah masjid usai pengajian.

Amerika

Negara Barat yang dikenal dengan negara adikuasa ini merayakan pula Ira Mi’raj setiap tahunnya. Ribuan warga muslim berkumpul di pusat-pusat keislaman, seperti masjid. Mereka melakukan tilawah Al-Quran dimalam harinya dengan membaca doa doa lainnya. Selain itu, mereka merayakan Isra Mi’raj dengan makan bersama keluarga dan kolega.

Canada

Ada yang unik di Canada, setiap perayaan Isra Mi’raj mereka akan membuat makanan yang kemudian dibagikan ke tetangga mereka masing-masing. Sama sebenarnya konsepnya dengan di Indonesia, yang membedakan adalah makanannya. Canada tidak mengenal nasi sayur, kentang dan suiran ayam. Disini, makanannya di ganti dengan permen.

Ternyata, tidak hanya di Indonesia ya perayaan Isra Mi’raj diselenggarakan. Semoga informasi-informasi diatas bermanfaat! Selamat Memeperingati Isra Mi’raj!



LEAVE A COMMENT