Inilah Tanda-tanda Jika Masker Lama Harus Segera Diganti Dengan yang Baru

Masker, terutama masker non medis yang terbuat dari bahan kain biasanya memang dapat dipakai hingga beberapa kali. Meski demikian sahabat Hartono Mall Solo harus menyadari juga bahwa penggunaan masker tersebut ada batasnya. Jika sudah muncul beberapa tanda khusus, maka harus segera diganti dengan yang baru.

Mengalami kerusakan

Masker yang kainnya sudah robek atau berlubang tidak boleh dipakai lagi dan buang saja ke tempat sampah. Jika ada bagian yang robek atau berlubang, masker kain tidak akan mampu lagi melindungi mulut dan hidung. Apalagi jika ada serangan dari virus, kuman dan bakteri lain yang sering menimbulkan penularan penyakit.

Ikatan lepas

Tanda lain yang membuat sahabat Hartono Mall Solo harus segera mengganti masker lama dengan yang baru adalah ketika ikatannya telah lepas. Ikatan tersebut berupa tali yang biasanya melingkari telinga dan menjepit hidung. Selain itu meski belum putus, namun apabila sudah longgar tetap harus diganti agar tidak ada celah dan ruang bagi virus untuk masuk dalam tubuh.

Tidak nyaman dipakai

Makin sering dan makin lama dipakai, masker akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Saat perasaan ini muncul, maka bisa menjadi pertanda untuk mengganti dengan yang baru. Apalagi jika masker tersebut sering melorot meski ikatan talinya sudah kencang. Demikian pula dengan masker yang digunakan lebih dari 4 jam, meski masih nyaman tetap harus diganti.

Muncul iritasi kulit

Jangan menunda untuk segera mengganti masker baru jika sahabat Hartono Mall Solo merasakan adanya iritasi kulit saat memakai masker lama. Bentuk dari iritasi kulit ini antara lain berupa benjolan dan ruam kemerahan. Setelah itu pilih masker yang dibuat dari kain tebal namun tetap terasa lembut agar iritasi kulit tidak terjadi lagi.

Terlihat kotor

Masker akan terlihat semakin kotor ketika sudah terlalu lama dipakai. Pada saat inilah kuman dan virus jadi lebih mudah menempel kemudian masuk dalam tubuh. Karena itu, apabila muncul tanda ini pergantian dengan masker baru tidak boleh ditunda lagi. Apalagi bagi mereka yang lebih sering melakukan kegiatan di luar ruang.

Sudah lebih dari 30 kali dicuci

Sahabat Hartono Mall Solo pasti mengetahui bahwa cara terbaik untuk membersihkan masker adalah dengan cara mencucinya. Tapi perlu diperhatikan juga. Apabila masker tersebut telah lebih dari 30 kali dicuci, maka tingkat efektivitasnya dalam melindungi hidung dan mulut dari kehadiran virus pasti akan berkurang.

Apalagi jika kainnya mulai menipis dan serat-seratnya sudah longgar. Virus semakin mudah masuk dan menimbulkan penularan penyakit di tubuh. Jadi sebaiknya masker tersebut tidak usah digunakan lagi.

Kemudian jika ingin membeli masker baru, sahabat Hartono Mall Solo harus memilih yang sesuai standar kesehatan. Selain itu belilah di tempat-tempat terpercaya misalnya pusat perbelanjaan modern atau toko kesehatan dan sebagainya



LEAVE A COMMENT