INI DIA TIPS CARA MENCUCI BUAH DENGAN BENAR

Menjaga kesehatan tubuh, dimulai dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Buah, merupakan makanan yang memiliki nutrisi tinggi, yang diperlukan tubuh. Namun, kamu harus berhati-hati! Karena, buah yang belum dicuci bersih masih memiliki banyak kandungan pestisida. Berikut adalah cara menghilangkan pestisida di dalam buah dengan cara yang benar :

Cuci Tangan Sebelum Mencuci Buah.

Sebelum kamu mencuci buah, ada baiknya cuci tanganmu terlebih dahulu. Hal yang sama juga harus kamu lakukan setelah kamu selesai membersihkan buah.

Cuci di Air Mengalir.

Untuk menghilangkan residu petisida dan kotoran lain secara maksimal, bilas buah di bawah air mengalir selama 30 – 60 Detik.

Menggosok Buah.

Membiarkan buah di bawah air mengalir, tidak akan membuatnya bersih total. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gosok bagian kulit buah dengan menggunakan tangan agar residu petisida, kuman, dan bakteri yang menempel pada kulit buah bisa dibersihkan. Tapi, jangan terlalu keras menggosoknya.

Untuk membersihkan kulit buah yang teksturnya cukup keras, kamu bisa menggunakan sikat gigi bersih untuk menggosok buah. Menyikat buah pun dianjurkan, meskipun kamu bisa mengupasnya, seperti jeruk, semangka, melon, atau mangga. Jika kamu tidak melakukan nya dan mengupas buah menggunakan pisau, bakteri dan kuman bisa masuk ke dalam bagian daging buah dari permukaan kulit.

Menggunakan Soda Kue.

S​oda ​kue ​dapat digunakan untuk membantu ​melarutkan​ residu pestisida dari sayuran dan buah secara efektif. Tambahkan 5 gelas air ke dalam mangkuk besar. Kemudian tambahkan dengan 4 sdm soda​ kue​, lalu rendam sayur dan buah dalam larutan ini selama 15 menit, kemudian tiriskan.

Air Cuka.

Cuka menjadi salah satu bahan yang paling kuat membunuh kuman dan pestisida yang menempel ​pada​ buah. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 dalam Journal of Food Protection menemukan bahwa, apel yang dicuci dengan cuka dan air dapat mengurangi jumlah bakteri salmonella pada kulit luar secara signifikan, dari​pada​ mencuci hanya dengan air. Caranya,kamu dapat mengisi wastafel dengan air dan tambahkan dengan satu cangkir cuka ke wastafel. Kemudian bilas buah dengan campuran air cuka.

Selain cara mencuci buah dengan benar, pastikan kamu sudah memilih buah dengan baik. Lalu, setelah mencuci buah sampai bersih, simpan buah diwadah dan taruh di dalam kulkas agar lebih tahan lama.