Ini Dia Solusi Supaya Kaki Tetap Wangi

Pernah ga sih ketika kamu pergi kerumah teman dan harus melepas sepatu tetapi kamu malu karena kaki bau? Bau kaki bikin percaya diri kamu hilang. Dan menjadi momok tersendiri apalagi untuk kaum wanita. Bau kaki disebabkan oleh keringat dan bakteri yang bercampur. Yuk simak tips-tips di bawah ini untuk mencegah supaya kakimu tidak bau.

Jaga Kebersihan Kaki

Untuk menjaga supaya kaki kamu tidak bau, berlatihlah untuk mencuci kaki setiap hari. Cuci kaki setiap hari dengan air hangat dan sabun mandi. Cara ini akan menghilangkan kotoran, keringat, dan bau di kaki yang disebabkan oleh bakteri. Kebanyakan orang cenderung mengabaikan membersihkan kaki saat mandi atau membersihkannya dengan tergesa-gesa. Kaki juga perlu diperhatikan seperti bagian tubuh lainnya. Cuci kaki diantara jari kaki dan kuku karena disitu tempat bakteri tumbuh.

Jaga Kaki Tetap Kering Dan Bersih

Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di kulit lembab. Jadi, menjaga kaki tetap kering akan mengurangi bakteri untuk tumbuh. Setelah mandi, selalu keringkan kakimu sebelum memakai alas kaki / sepatu.

Gunakan Kaus kaki

Pakai kaus kaki sebelum memakai sepatu. Kaus kaki menyerap kelembaban kaki, jadi kalau kamu tidak memakai kaus kaki, keringat akan menempel di sepatu atau di kakimu. Selalu pakai kaus kaki yang baru, jangan memakai kaus kaki yang sama berturut-turut. Hindari memakai kaus kaki bahan katun, yang malah membuat kakimu jadi basah karena keringat dan bau.

Hindari Menggunakan Sepatu Yang Sama Dua Hari Berturut-Turut

Dengan menggunakan sepatu yang berbeda secara bergantian, sepatu yang kamu pakai di hari sebelumnya bisa kamu keringkan. Hal ini akan mengurangi kelembaban di sepatu, dimana bakteri penyebab bau berdiam. Jika kamu berolahraga setiap hari, belilah dua pasang sepatu. Salah satu penyebab utama dari keringat dikaki adalah olahraga. Gunakan sepatu bergantian setiap hari, pastikan sepatumu yang lain benar-benar kering sebelum kamu pakai untuk berolahraga lagi.

Gunakan Antiperspiran Pada Kaki

Antiperspiran mengandung bahan kimia yang membantu mengurangi keringat. Disisi lain, deodorant hanya menutupi bau. Gunakan antiperspiran pada kakimu sebelum kamu tidur. Menggunakan antiperspiran sebelum tidur membuat produk meresap ke dalam kulit sehingga tidak bau lagi pada pagi hari / hari berikutnya. Jangan lupa untuk menggunakannya di antara jari-jari kaki, di mana banyak keringat dan bau muncul. Kamu juga dapat menggunakan antiperspiran pada kaki sebelum memakai sepatu untuk keesokan harinya. Pastikan untuk tidak hanya menggunakannya di pagi hari, karena jika kaki mulai berkeringat, itu bisa menghilangkan antiperspiran yang dipakai.

Itu tadi 5 tips / cara untuk menghindari bau kaki. Kaki yang sehat dan wangi juga akan membuat kamu lebih percaya diri lho! Semoga bermanfaat!